Home / Aceh / Kota Banda Aceh

Selasa, 17 Januari 2023 - 07:43 WIB

Warga Kota Banda Aceh Bisa Miliki Identitas Kependudukan Digital

BANDA ACEH, ACEHZONE.COM – Kepala Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) Kota Banda Aceh Dra. Emila Sovayana, M.Si mengatakan saat ini warga Kota Banda Aceh bisa memiliki identitas kependudukan digital.

“Saat ini warga Kota Banda Aceh bisa memiliki identitas kependudukan digital milik Ditjen Dukcapil Kemendagri,” kata Emila, Senin (16/1/2023) di Kantornya.

Emila mengatakan identitas kependudukan digital ini merupakan informasi elektronik yang digunakan untuk merepresentasikan dokumen kependudukan dan data balikan dalam aplikasi digital melalui handphone yang menampilkan data pribadi sebagai identitas yang bersangkutan.

“Dalam aplikasi ini tersedia berbagai macam fitur terutama tentang identitas kependudukan seperti KTP Digital, Data Keluarga, Dokumen, Tanda Tangan Elektronik dan lain-lain,” kata Emila.

Baca Juga :  Aceh Utara Itu Miskin, Simak Penjelasan Kepala DPKKD Aceh Utara

Sehingga, kata Emila aplikasi tersebut dapat mempermudah layanan dokumen kependudukan kepada masyarakat, mempermudah verifikasi data diri tanpa harus membawa kartu fisik, mempermudah mengakses data keluarga serta mempermudah mengakses layanan publik.

Kata Emila, untuk memperoleh identitas kependudukan digital dapat diunduh melalui play store dengan nama aplikasi ‘identitas kependudukan digital’.

Emila menjelaskan untuk masyarakat yang mau memiliki identitas kependudukan digital tersebut dapat mendaftar dengan cara mendownload aplikasi identitas kependudukan digital di Play Store., mengisi data diri seperti NIK, email dan nomor handphone.

Baca Juga :  Kantor Pemerintah di Pidie Terendam Banjir

Kemudian pilih ambil foto untuk melakukan swafoto, pilih scan QR Code dan lakukan scan QR Code pada operator pelayanan identitas kependudukan digital yang ada di Kantor Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kota Banda Aceh maupun di Mal Pelayanan Publik (MPP) Kota Banda Aceh.

Lalu, lakukan aktivasi dengan cara mengakses link yang dikirimkan melalui email yang sudah didaftarkan dan setelah berhasil melakukan aktivasi buka kembali dan melakukan pergantian pin.

Emila berharap semoga masyarakat kota bisa segera menggunakan aplikasi ini untuk kemudahan dan kenyamanan di era digital ini.

Share :

Baca Juga

Satu Unit Rumah Warga Terkena Dampak Abrasi Krueng Jreu Acehzone.com

Aceh

Satu Unit Rumah Warga Terkena Dampak Abrasi Krueng Jreu
BMKG: Aceh Berpotensi Diguyur Hujan hingga 2 Hari Kedepan Acehzone.com

Aceh

BMKG: Aceh Berpotensi Diguyur Hujan hingga 2 Hari Kedepan
Tempat Wisata di Takengon, 5 Lokasi Ini Bikin Liburan Makin Berkesan Acehzone.com

Aceh

Tempat Wisata di Takengon, 5 Lokasi Ini Bikin Liburan Makin Berkesan
Dua Gampong di Aceh Besar Terendam Banjir Acehzone.com

Aceh

Dua Gampong di Aceh Besar Terendam Banjir
Imlek di Rayakan di Berbagai Daerah, Kemarin Banjir Melanda Aceh Acehzone.com

Aceh

Imlek di Rayakan di Berbagai Daerah, Kemarin Banjir Melanda Aceh
Mulai besok pembelian BBM subsidi di Banda Aceh dengan sistem "barcode" Acehzone.com

Aceh

Mulai besok pembelian BBM subsidi di Banda Aceh dengan sistem “barcode”
Lima Kecamatan Padam Aliran Listrik Acehzone.com

Aceh

Lima Kecamatan Padam Aliran Listrik
Delapan Kecamatan di Aceh Tamiang Dikepung Banjir Acehzone.com

Aceh

Delapan Kecamatan di Aceh Tamiang Dikepung Banjir