Home / Lingkungan

Rabu, 11 Januari 2023 - 08:52 WIB

Walhi: Warga Aceh Timur Jadi Korban Pencemaran Udara Perusahaan Migas

BANDA ACEH, ACEHZONE.COM – Wahana Lingkungan Hidup (Walhi) Aceh menyebutkan sejumlah warga di Aceh Timur menjadi korban akibat pencemaran limbah udara. Limbah itu diduga dari tambang perusahaan minyak dan gas yang beroperasi di daerah tersebut.

“Keterangan dari warga, sejak 2019 hingga akhir 2022 sudah 13 orang lebih yang menjadi korban dan semua harus dirawat di Puskesmas. Bahkan sebagian besar korban harus dilarikan ke Rumah Sakit Umum Daerah Zubir Mahmud di Idi, Kabupaten Aceh Timur,” kata Direktur Walhi Aceh Ahmad Shalihin dalam keterangan kepada wartawan, Selasa (10/1/2023).

Warga yang diduga menjadi korban pencemaran limbah itu berasal dari Gampong Blang Nisam, Alue Ie Mirah, Suka Makmur dan Jambo Lubok yang merupakan desa di ring satu perusahaan. Warga setempat disebut sudah berkali-kali melayangkan protes namun hingga kini belum ada solusi.

Shalihin menjelaskan, warga mencium aroma tidak sedap yang diduga berasal dari limbah perusahaan tersebut. Akibatnya warga mengalami mual, muntah, pusing hingga pingsan.

Baca Juga :  PSDKP Tahan Alat Tangkap Ilegal dari Kapal Nelayan Sumut

“Kasus pencemaran ini sudah berlangsung lama dirasakan oleh warga yang tinggal di lingkar tambang tersebut. Bahkan pada tanggal 9 April 2021, ada 250 jiwa warga Gampong Panton Rayeuk, Kecamatan Banda Alam terpaksa mengungsi ke kantor Camat karena bau busuk yang dirasakan,” jelas pria yang akrab disapa Om Sol ini.

“Ini persoalan serius yang harus segera ditangani, terlebih kebanyakan korbannya adalah perempuan, anak-anak, ibu hamil hingga lansia, mereka cukup rentan bila udara tidak sehat,” lanjutnya.

Dia menjelaskan, setelah bertahun-tahun mencium aroma busuk, warga kini menghadapi persoalan baru. Kualitas air sumur disebut mulai berubah rasa dan kandungannya.

“Kualitas air sumur sebelum perusahaan tambang itu beroperasi dapat dikonsumsi setelah dimasak. Tetapi sekarang kendati sudah dipanaskan, terjadi perubahan rasa dan berkeruh, sehingga warga harus membeli air isi ulang untuk konsumsi,” ujarnya.

Menurutnya, warga di sana sudah pernah melaporkan kasus pencemaran ini ke Pemerintah dan Dewan Perwakilan Rakyat Kabupaten (DPRK) Aceh Timur. Tetapi solusi yang ditawarkan disebut belum menyentuh akar masalah, malah warga yang diminta untuk adaptasi saat bau busuk terjadi.

Baca Juga :  Sampah Masih Menumpuk Dan Membusuk Di Lhokseumawe

“Ini kan lucu, solusi yang ditawarkan kok warga yang harus beradaptasi, seharusnya PT Medco lah yang harus cari solusi dan bertanggungjawab,” ujarnya.

Walhi Aceh meminta Presiden Republik Indonesia, Joko Widodo segera bersikap dan segera menyelesaikan kasus pencemaran yang semakin mengkhawatir dan korban mulai berjatuhan, terutama perempuan dan anak yang tinggal di lingkaran tambang.

“Presiden harus segera turun, karena warga sudah pernah melaporkan ke Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK) dan Pemerintah Aceh. Tetapi hingga sekarang belum ada ditanggulangi,” jelasnya.

“Bila terus terjadi pembiaran seperti ini, Walhi Aceh bersama warga siap gugat perusahaan, agar hak-hak hidup sehat warga terjamin,” kata Om Sol.

Share :

Baca Juga

DPRA Gelar RDP Pansus Perizinan, Migas, Minerba dan Energi 2023 Acehzone.com

Aceh

DPRA Gelar RDP Pansus Perizinan, Migas, Minerba dan Energi 2023
Menteri LHK Tekankan Pemenuhan Area-Area Perubahan Dalam Reformasi Birokrasi Acehzone.com

Lingkungan

Menteri LHK Tekankan Pemenuhan Area-Area Perubahan Dalam Reformasi Birokrasi
Belgia mengeluarkan peringatan cuaca "kode kuning" untuk badai setelah suhu tertinggi Acehzone.com

Lingkungan

Belgia mengeluarkan peringatan cuaca “kode kuning” untuk badai setelah suhu tertinggi
Kadis LHK Aceh Hadiri Rakor Percepatan Pelepasan Kawasan Hutan Untuk TORA Tahun 2023 Acehzone.com

Aceh

Kadis LHK Aceh Hadiri Rakor Percepatan Pelepasan Kawasan Hutan Untuk TORA Tahun 2023
Belasan Hektar Kawasan Hutan Negara Digarap Secara Ilegal di Simeulue Acehzone.com

Aceh

Belasan Hektar Kawasan Hutan Negara Digarap Secara Ilegal di Simeulue
Badan Jalan Raya Kawasan Gunung Gle U Tertimbun Longsor Acehzone.com

Headline News

Badan Jalan Raya Kawasan Gunung Gle U Tertimbun Longsor
24 Perairan di Indonesia Diprediksi Alami Gelombang Tinggi, Ini Daftarnya Acehzone.com

Lingkungan

24 Perairan di Indonesia Diprediksi Alami Gelombang Tinggi, Ini Daftarnya
Sampah Masih Menumpuk Dan Membusuk Di Lhokseumawe Acehzone.com

Lingkungan

Sampah Masih Menumpuk Dan Membusuk Di Lhokseumawe