Header web MDJ (1166 × 390 piksel)
Header Web ACI (1166 × 390 piksel)
Acehzone.com (1166 × 390 piksel)
previous arrow
next arrow

Home / Info Kampus

Sabtu, 24 September 2022 - 19:31 WIB

USK Edukasi Manajemen Teknologi pada UKM untuk menunjang Kehalalan Produk

ACEHZONE.COM | BANDA ACEH – USK gelar acara pelatihan bagi UMKM bertema “Edukasi Manajemen Teknologi Produksi Untuk Menunjang Kehalalan Produk ” di Meunasah Gampong Lamkeuneung Kecamatan Darussalam Kabupaten Aceh Besar. Sabtu, 24/09/2022.

Acara ini diselenggarakan oleh Dr. Rita Khathir, S.TP., M.Sc sebagai ketua pelaksana program Pengabdian Kepada Masyarakat Berbasis Produk (PKMBP) USK 2022. Dan anggota tim Yunita M.Sc dosen prodi Biologi USK dan Marai Rahmawati M.Sc dosen prodi agroteknologi USK.

Program PKMBP yang diusung oleh Dr. Rita dan bersama tim berjudul “Pengabdian masyarakat berbasis produk pliek-u dan asam sunti sebagai warisan budaya Aceh”. Alasan diberikan judul tersebut dalam kegiatan ini dikarenakan bahwa kedua produk warisan ini perlu dilestarikan sebagai budaya bangsa.

Peserta pelatihan terdiri dari UKM Meugah Pliek dan UKM Wina Mandiri, dan turut dihadiri oleh Pak geuchik dan Pak Sekdes serta perwakilan ibu-ibu PKK Desa Lamkeuneung dengan total partisipan sekitar 20 orang.

Ada 2 materi yang disampaikan kepada masyarakat dalam pelatihan kali ini. Pertama adalah materi tentang pentingnya manajemen teknologi produksi bagi UMKM dipaparkan oleh Dr. Rita Khathir. Beliau menjelaskan bahwa dalam proses produksi makanan sangat kompleks, misalnya pengolahan pliek-u yang membutuhkan proses pengeringan dan pengepresan. Oleh karena itu perlu adanya teknologi pengering yang mempercepat proses, meringankan pekerjaan, melindungi produk dari kontaminasi, meningkatkan produktifitas, meningkatkan kualitas serta menjamin kehalalan produknya.

Baca Juga :  UNAYA Sambut Mahasiswa Baru Dengan Kegiatan Pengenalan Kehidupan Kampus Mahasiswa Baru (PKKMB)

Teknologi pengepresan juga bermanfaat untuk meringankan pekerjaan, meningkatkan produktifitas, meningkatkan rendemen, dan meningkatkan kualitas produk. Pada proses pembuatan asam sunti, teknologi pengering juga dapat mempercepat proses dan mengurangi konsumsi garam. “Mari kita katakan “Yess” untuk adopsi teknologi di tingkat UMKM”, pungkas Rita.

USK Edukasi Manajemen Teknologi pada UKM untuk menunjang Kehalalan Produk Acehzone.com

Adapun materi kedua disampaikan oleh Dr. Murna Muzaifa, S.TP., MP dengan judul Pentingkah kehalalan produk?. Dr. Murna menyampaikan bahwa sebagai masyarakat Aceh yang menjalankan syariat Islam, aspek kehalalan memerlukan perhatian serius.

Produk yang sejatinya halal dapat menjadi syubhat ketika bersentuhan dengan bahan atau teknologi lain yang syubhat. Misalnya proses pengeringan pliek-u dan asam sunti yang terbuka memungkinkan kontaminasi najis atau gangguan hewan peliharaan seperti anjing yang dapat merubah status kehalalannya.

Masyarakat tampak antusias mendengarkan pemaparan yang disampaikan oleh narasumber kegiatan. Banyak hal yang selama ini kita lakukan sebagai rutinitas ternyata belum memenuhi standar kualitas dan kehalalan produk. Diakhir sesi materi, peserta juga dibawa ke lapangan melihat alat pengering terowongan Hohenheim Aceh yang dihibahkan kepada UKM Wina Mandiri.

Tidak hanya memberikan materi pelatihan, melalui kegiatan ini telah dihibahkan 1 unit alat pengering terowongan Hohenheim Aceh, 1 unit alat pengepres pliek-u, 1 set kemasan thinwall plastik, dan 4 unit timbangan digital kapasitas 40kg bagi mitra program PKMBP yaitu UKM Meugah Pliek dan UKM Wina Mandiri.

Baca Juga :  Deretan Kampus dengan Jurusan Sistem Informasi Terbaik Indonesia

Pada kegiatan sebelumnya yaitu pelatihan edukasi manajemen usaha digital telah dihibahkan pula 4 unit android printer thermal bagi pelaku UKM tersebut. Daftar penerima hibah yaitu Bapak Ikram, Ibu Laily Fithri, Bapak Muhammad Amin dan Ibu Darwina.

Manfaat yang diharapkan dari kegiatan ini adalah peningkatan kesadaran teknologi kalangan UKM dan modernisasi sistem manajemen produksi.

Secara terpisah, Dr. Taufik Fuadi Abidin, ketua LPPM USK menyampaikan bahwa edukasi manajemen teknologi yang diberikan sangat penting untuk mendukung peningkatan produktifitas UMKM lokal sehingga diharapkan nantinya dapat menghasilkan produk yang bersaing di skala pasar nasional.

LPPM USK akan terus mendukung kegiatan serupa melalui dedikasi para dosennya untuk mewujudkan UMKM yang tangguh di era revolusi industri 4.0.

Kegiatan ini turut melibatkan 3 orang mahasiswa yaitu Andrew Galota Saragih, Al Thahyat Nur dan Ria Karyani yang ikut melakukan penelitian tentang Pliek-u dan asam sunti untuk Skripsi mereka, tutup Rita Khathir.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Acehzone.com. Mari bergabung di Grup Telegram “Acehzone.com”, caranya klik link https://t.me/acehzone, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dahulu di ponsel.

Share :

Baca Juga

Mahasiswa UIN Belajar Filologi di Rumoh Manuskrip Aceh Cek Midi Acehzone.com

Info Kampus

Mahasiswa UIN Belajar Filologi di Rumoh Manuskrip Aceh Cek Midi
KPK Sebut Joki Skripsi Adalah Bibit Perilaku Korupsi Acehzone.com

Hukum dan Kriminal

KPK Sebut Joki Skripsi Adalah Bibit Perilaku Korupsi
UNAYA Akan Kembali Melaksanakan Seminar Nasional Multidisiplin Ilmu IV Tahun 2022 Acehzone.com

Info Kampus

UNAYA Akan Kembali Melaksanakan Seminar Nasional Multidisiplin Ilmu IV Tahun 2022
Dosen Ngeluh, Banyak Mahasiswa USK Bau Badan Acehzone.com

Info Kampus

Dosen Ngeluh, Banyak Mahasiswa USK Bau Badan
Tingkatkan Daya Saing Perguruan Swasta, Gubernur Dorong Digitalisasi, Kembangkan Keilmuan, serta Jaga Moral Acehzone.com

Info Kampus

Tingkatkan Daya Saing Perguruan Swasta, Gubernur Dorong Digitalisasi, Kembangkan Keilmuan, serta Jaga Moral
UNAYA Sambut Mahasiswa Baru Dengan Kegiatan Pengenalan Kehidupan Kampus Mahasiswa Baru (PKKMB) Acehzone.com

Info Kampus

UNAYA Sambut Mahasiswa Baru Dengan Kegiatan Pengenalan Kehidupan Kampus Mahasiswa Baru (PKKMB)
ACEHZONE.com MOU Dengan HMPS-Pendidikan Matematika UIN Syarif Hidayatullah Jakarta Acehzone.com

Info Kampus

ACEHZONE.com MOU Dengan HMPS-Pendidikan Matematika UIN Syarif Hidayatullah Jakarta
USU Raih Akreditasi Unggul dari BAN-PT Acehzone.com

Info Kampus

USU Raih Akreditasi Unggul dari BAN-PT