Home / Travel / Wisata

Sabtu, 1 Oktober 2022 - 10:01 WIB

Tempat Wisata Alam di Aceh, dari Pantai hingga Air Terjun

ACEHZONE.COM – Aceh adalah provinsi di ujung Pulau Sumatera yang memiliki beragam tempat wisata, mulai dari wisata bahari sampai wisata alam.

Keindahan alam yang memesona membuat beragam tempat wisata di Aceh sebaiknya tak dilewatkan, terutama jika kamu sedang berkunjung ke sana.

Jangan lupa pula mencicipi kuliner khas yang bakal membuat sesi melancongmu menjadi semakin lengkap.

Tempat wisata Aceh

ACEHZONE.COM telah merangkum beberapa tempat wisata di Aceh yang menarik untuk dikunjungi, yang dikutip dari kompas.com, Sabtu (01/10/2022), berikut daftarnya:

1. Pantai Lhok Mee

Pantai Lhok Mee yang berpasir putih terletak di Desa Lamreh, Masjid Raya, Aceh Besar. Objek wisata ini berjarak sekitar 35 kilometer (km) dari Banda Aceh.

Pihak pengelola pantai telah menyediakan beragam fasilitas dan atraksi untuk pengunjung, di antaranya jembatan apung dan net voli. Sejumah warung penjual makanan dan minuman juga bisa dijumpai di tempat ini.

2. Danau Laut Tawar

Danau Laut Tawar di Aceh berada di atas Dataran Tinggi Gayo, serta dapat ditempuh sekitar tujuh jam dari Banda Aceh.

Saat berwisata di danau yang dikelilingi bukit ini, pengunjung dapat menyewa kapal untuk berlayar ke tengah danau. Panorama yang indah membuat tempat wisata Aceh ini sayang untuk dilewatkan.

3. Air Terjun Pria Laot

Dilansir dari Kompas TV, Air Terjun Pria Laot berlokasi di pelosok Pulau Weh, Sabang, Aceh.

Pengunjung perlu berjalan melewati batuan terjal dan menyeberangi sungai guna mencapai air terjun ini.

Di bawah derasnya air terjun, terdapat sebuah kolam dengan luas 10 meter persegi yang berkedalaman antara satu sampai satu setengah meter.

4. Pulau Rubiah

Untuk pencinta aktivitas diving dan snorkeling, Pulau Rubiah adalah salah satu tempat wisata Aceh yang dapat dikunjungi

Pulau yang termasuk dalam wilayah Kota Sabang ini terkenal akan pemandangan bawah lautnya. Pulau ini juga menjadi rumah dari 14 biota laut yang dilindungi.

Bagi pengunjung yang tak membawa peralatan menyelam sendiri dapat menyewa di tempat tersebut dengan harga mulai dari Rp 400.000 per orang.

5. Goa Sarang

Sama seperti Air Terjun Pria Laot, Goa Sarang juga terletak di Pulau Weh. Disebut Goa Sarang lantaran objek wisata ini dipenuhi sarang burung walet.

Goa ini memiliki mulut yang langsung menghadap ke laut. Oleh karena itu, jika cuaca sedang cerah, wisatawan dapat melihat Kabupaten Aceh Besar yang terletak di seberang pulau. Pemandangan matahari terbenam (sunset) di Goa Sarang menjadikan daya tarik di tempat wisata Aceh ini begitu sayang untuk dilewatkan.

Baca Juga :  Dongkrak Pariwisata Sabang, Pj Wali Kota Resmikan Rupiah Sea Garden

6. Gunung Jaboi

Gunung Jaboi merupakan gunung berapi aktif yang ada di Desa Jaboi, Kecamatan Sukajaya, Sabang.

Gunung ini memiliki ketinggian sekitar 200 meter di atas permukaan laut (mdpl). Meski tak begitu tinggi, jalur pendakiannya dinilai cukup menantang. Tempat wisata Aceh yang satu ini juga terhubung dengan Gunung Leuo di Desa Berawang, Sabang, Aceh.

7. Dermaga Pantai Menye

Danau Laut Tawar menawarkan beberapa lokasi wisata, salah satunya adalah dermaga kayu di Pantai Menye.

Dermaga ini berupa sandaran perahu yang dibangun di tepi Danau Laut Tawar, Takengon, Aceh Tengah. Untuk menjangkau tempat wisata Aceh ini, pengunjung bisa menggunakan kendaraan roda dua dan roda empat.

8. Buntul Rintis

Objek wisata Buntul Rintis berlokasi di Desa Tensaren, Kecamatan Bebesen, Kabupaten Aceh Tengah.

Objek wisata ini berupa perbukitan yang memiliki beberapa wahana. Pengunjung dapat menemukan spot foto dengan beragam konsep. Adapun, beberapa spot favorit pengunjung, antara lain sepeda gantung, replika kincir angin, dan spot kupu-kupu.

9. Dermaga Dedalu

Dermaga Dedalu terletak di sekitar Danau Laut Tawar. Objek wisata ini menyediakan pondok-pondok kecil bagi pengunjung yang ingin melihat Danau Laut Tawar dari pinggir.

Tak hanya itu, ada spot foto favorit berupa jalanan kayu yang menghadap bukit dan danau. Jika beruntung, pengunjung juga bisa mencoba menaiki kuda milik penduduk setempat yang kadang mencari rumput di sekitar Danau Laut Tawar.

10. Pantan Terong

Pantan Terong bisa menjadi pilihan tempat wisata Aceh, lokasinya berada di puncak bukit kawasan Dataran Tinggi Gayo. Pengunjung dapat menyaksikan lanskap Kabupaten Aceh Tengah dari tempat ini.

Ada dua buah jalur yang bisa ditempuh untuk sampai ke puncak Pantan Terong. Jalur pertama diperuntukkan bagi pengunjung yang datang dengan kendaraan bermotor.

Sementar jalur lainnya digunakan oleh pengunjung yang ingin berjalan kaki sampai ke puncak.

11. Bur Lancuk Leweng

Bur Lancuk Leweng terletak di atas bukit, tepatnya di Kampung Asir Asir, Kecamatan Lut Tawar, Aceh Tengah.

Bukit ini dulunya pernah digunakan sebagai landasan terbang layang.
Pengunjung juga bisa mendirikan tenda dan berkemah di tempat ini.

12. Air Terjun Blang Kolam

Objek wisata Air Terjun Blang Kolam dapat dijumpai di tengah hutan di Desa Sido Muliyo, Nisam Antara.

Baca Juga :  Jadwal Kapal Banda Aceh Sabang (PP) Terbaru Keberangkatan Senin 31 Oktober 2022

Letaknya dikatakan cukup terpencil Meski begitu, fasilitas di tempat wisata Aceh ini lumayan lengkap. Pengunjung bahkan bisa menjumpai warung milik warga setempat.

13. Air Terjun Tansaran Bidin

Satu lagi air terjun yang dapat menjadi pilihan tempat wisata Aceh, yakni Air Terjun Tansaran Bidin.

Destinasi ini terletak di hutan pinus di Desa Tansaran Bidin, Bandar, Bener Meriah, Aceh.

Jika ingin mengunjungi air terjun berketinggian 70 meter ini, pengunjung perlu melewati jalan setapak sekitar 300 meter dari desa terdekat. Air terjun ini memiliki aliran sungai yang cukup deras, sehingga pengunjung perlu berhati-hati saat bermain air di sepanjang aliran air terjun.

14. Pucok Krueng

Pucok Krueng adalah tempat wisata berupa goa dengan kolam berwarna biru. Tempat wisata Aceh ini terletak di Desa Mon Ikeun, Lohknya, Aceh Besar.

Akses menuju objek wisata ini terbilang cukup sulit. Sebab, wisatawan harus melewati jalur terjal yang belum diaspal di sekitar perkebunan warga.

15. Pulau Keluang

Pulau Keluang menjadi salah satu tempat berkemah di Aceh. Pengunjung bisa mengakses tempat ini dengan menaiki kapal milik warga setempat.

Secara administratif, Pulau Keluang terletak di Kecamatan Jaya atau sekitar 78 km dari Banda Aceh.

Nah.. jika anda ingin berlibur bersama keluarga, dan bingung mau kemana. anda bisa menghubungi CV. ANDI WISATA ACEH untuk mendapatkan informasi tentang destinasi wisata lainnya yang ada di Aceh.

CV. ANDI WISATA ACEH menyediakan layanan seperti Transportasi Wisata, Transportasi Online, Tour Travel, Rental Mobil, Paket Wisata perorangan, Paket Family k dan Paket Honeymoon. disamping itu juga CV ANDI WISATA ACEH juga menyediakan paket-paket wisata yang murah dan sesuai dengan kondisi keuangan anda.

CV ANDI WISATA ACEH yang beralamat di Jalan Unida, Lamteumen Timur Kota Banda Aceh Propinsi Aceh ini sudah berpengalaman dalam hal melayani pelanggan nya yang ingin berwisata ke Aceh. Dan jika anda ingin menggunakan jasa wisata kami, dapat menghubungi kami via telp/WA di 0822 3540 8007 atau 0822 5388 8752.

Selain Jasa Layanan Destinasi Wisata, CV ANDI WISATA ACEH juga melayani pembelian tiket secara online seperti Tiket Pesawat, Tiket Kereta Api, dan Tiket Kapal Laut, dan juga tiket bus dan minibus antar kota dalam propinsi, seperti Bus Simpati Star, Anugerah, Ku nia, Hiace, L-300, dan juga mobil pribadi lainnya.

Share :

Baca Juga

Musim Semi Wisata Barsela Acehzone.com

Travel

Musim Semi Wisata Barsela
Disbudpar Bahas Persiapan Event Lima Tahunan Pekan Kebudayaan Aceh Acehzone.com

Aceh

Disbudpar Bahas Persiapan Event Lima Tahunan Pekan Kebudayaan Aceh
Taman Kota Pidie Jaya Ramai Dikunjungi Wisatawan Lokal Acehzone.com

Travel

Taman Kota Pidie Jaya Ramai Dikunjungi Wisatawan Lokal
Berkunjung ke Aceh? Ini 5 Tempat Wisata Pantai yang Wajib Anda Kunjungi Acehzone.com

Travel

Berkunjung ke Aceh? Ini 5 Tempat Wisata Pantai yang Wajib Anda Kunjungi
Zaqhlul dan Amalia Terpilih Jadi Agam Inong Aceh 2022 Acehzone.com

Nusantara

Zaqhlul dan Amalia Terpilih Jadi Agam Inong Aceh 2022
Jelajah Wisata, Puluhan Mobil Meriahkan Offroad Adventure di Bener Meriah Acehzone.com

Travel

Jelajah Wisata, Puluhan Mobil Meriahkan Offroad Adventure di Bener Meriah
Sejumlah Warga Rusak Fasilitas Pos Wisata Alam Pulau Weh Acehzone.com

Wisata

Sejumlah Warga Rusak Fasilitas Pos Wisata Alam Pulau Weh
Syarat Masuk Singapura Mulai 29 Agustus, dari Masker hingga Karantina Acehzone.com

Travel

Syarat Masuk Singapura Mulai 29 Agustus, dari Masker hingga Karantina