Home / Teknologi

Rabu, 11 Januari 2023 - 08:26 WIB

Sosialisasi Penggunaan Aplikasi Sistem Informasi Arsitektur SPBE

PALU, ACEHZONE.COM – Kepala DKIPS Provinsi Sulteng Dra. Novalina, MM yang diwakili Kepala Bidang Aptika Wahyu Agus Pratama S.STP M.AP mengikuti Sosialisasi Penggunaan Aplikasi Sistem Informasi Arsitektur SPBE.

Yang diselenggarakan oleh Kementerian Pemberdayaan aparatur negara dan reformasi birokrasi, di ruang rapat kantor DKIPS Prov. Sulteng secara Virtual. Selasa, (10/1/2023)

Dalam kesempatan itu, Wahyu Agus Pratama mengatakan, tujuan dari kegiatan adalah untuk menyosialisasikan Undang-Undang Pilpres Nomor 95 Tahun 2018 tentang Sistem Berbasis Elektronik dan Undang-Undang Pilpres Nomor 132 tentang Arsitektur SPBE.

Untuk itu, dalam pemenuhan Undang-Undang Pilpres tersebut adalah aplikasi sistem informasi arsitektur SPBE di mana di dalamnya terdapat proses bisnis, domain-domain yang tekait harus di isi.

Dalam Aplikasi SIA ada 2 tahapan yaitu; melalui excel dan melalui sistem, aplikasi SIA bisa setiap saat dapat melakukan penginputan dan jika terdapat perubahan secara nomen klatur.

Baca Juga :  Duh, Internet RI Paling Lelet Se-Asia Tenggara!

Ada hal- hal yang baru maka ada penguatan dari sumber daya manusia sehingga kami mengundang dari Kementerian PAN RB untuk memfasilitasi kegiatan dan mengharapkan dari kab/kota untuk hadir mengikuti kegiatan tersebut sehingga berkaitan dengan SDM,” ucap Wahyu Agus Pratama.

Secara virtual, Perwita Sari selaku narasumber dari Kemenpan RB menjelaskan, Visi dan Misi SPBE adalah terwujudnya sistem pemerintahan berbasis elektronik yang terpadu dan menyeluruh untuk mencapai birokrasi dan pelayanan publik yang berkinerja tinggi.

Misi SPBE adalah melakukan penataan dan penguatan organisasi dan tata kelola sistem pemerintahan berbasis elektronik yang terpadu, mengembangkan pelayanan publik berbasis elektronik yang terpadu.

Baca Juga :  Optimalkan Penerimaan Pajak Pusat Melalui Aplikasi “e-Katrol”

Menyeluruh dan menjangkau masyarakat luas, membangun pondasi teknologi informasi dan komunikasi yang terintegrasi, aman dan handal, membangun sumber daya manusia yang kompoten dan inovatif berbasis elektronik informasi dan komunikasi.

Di akhir kegiatan, Kabid Aptika Wahyu Agus Pratama berharap, dengan adanya kegiatan ini kiranya dapat membantu pemerintahan Provinsi Sulawesi Tengah sebagai perwakilan kementerian pusat.

Dalam rangka melakukan pembinaan dan pengawasan kepada pemerintah kabupaten dan kota khusunya pada pelaksanaan pemenuhan sistem pemerintahan berbasis elektronik sehingga penguatan dalam sumber daya manusia bisa tercapai.

Turut hadir: Jabatan Fungsional dan Staf bidang Aptika dan Kadis Kominfo Se-Sulawesi Tengah (secara virtual).

Share :

Baca Juga

Bjorka Muncul Lagi! Janji Mau Bikin Kejutan Acehzone.com

Teknologi

Bjorka Muncul Lagi! Janji Mau Bikin Kejutan
Kominfo Kebut Tingkat Literasi Digital Publik Acehzone.com

Pendidikan

Kominfo Kebut Tingkat Literasi Digital Publik
Hacker Sebut Kominfo Idiot, Netizen RI Malah Ikut Nyinyir Acehzone.com

Teknologi

Hacker Sebut Kominfo Idiot, Netizen RI Malah Ikut Nyinyir
"Kesibukan" Kominfo Saat Akhir Pekan Gara-gara Ulah Bjorka Acehzone.com

Teknologi

“Kesibukan” Kominfo Saat Akhir Pekan Gara-gara Ulah Bjorka
Presiden Luncurkan Platform Digital Jagat Nusantara Acehzone.com

Teknologi

Presiden Luncurkan Platform Digital Jagat Nusantara
5 Hard Skill yang Perlu Dikuasai saat Banyak Pekerjaan yang Digantikan Mesin Acehzone.com

Artikel

5 Hard Skill yang Perlu Dikuasai saat Banyak Pekerjaan yang Digantikan Mesin
Erick Thohir Singgung 60 Juta Data PeduliLindungi Hilang! Acehzone.com

Teknologi

Erick Thohir Singgung 60 Juta Data PeduliLindungi Hilang!
Peran E-Commerce Sebagai Alat Bantu Penjualan Masa Kini Acehzone.com

Artikel

Peran E-Commerce Sebagai Alat Bantu Penjualan Masa Kini