Home / Aceh / Kab. Aceh Selatan

Kamis, 12 Januari 2023 - 08:18 WIB

Smart On Brilliant ke 10 SMAN Unggul Aceh Selatan Dibuka

TAPAK TUAN, ACEHZONE.COM – Asisten I Setdakab Aceh Selatan, Kamarsyah, membuka Smart On Brilliant (SOB) X di SMAN Unggul setempat, Gampong (Desa) Lhok Bengkuang Timur Kecamatan Tapaktuan, Rabu 11 Januari 2023.

Smart On Brilliant yang di laksanakan oleh SMAN Unggul Kabupaten Aceh Selatan sebagai wadah bagi para pelajar di wilayah Barat Selatan Aceh untuk berkompetisi di bidang seni, sain dan bahasa, merupakan salah satu langkah nyata dalam mempersiapkan generasi emas masa akan datang.

Acara ini diikuti para Siswa-siswi tingkat SMA/SMK dan juga tinggat SMP dari Kabupaten Aceh Selatan, Kota Subulussalam dan Kabupaten Aceh Barat Daya yang kegiatannya berlangsung selama 4 hari terhitung tanggal 11 – 14 Januari 2023.

Kepala Cabang Pendidikan Aceh wilayah Aceh Selatan Anandwi, mengatakan, kegiatan SOB merupakan momentum dalam mempersiapkan para anak didik tingkat SMA sederajat dan juga SMP untuk masa depan yang lebih cemerlang.

Anandwi bersepesan kepada Sekolah yang mengikuti acara SOB untuk mengambil momentum ini dalam rangka menunjang para anak didik khususnya SMA sederajat untuk mempersiapkan diri masuk ke jenjang pendidikan tinggi melalui prestasi.

Baca Juga :  Kaki Gunung Seulawah Longsor, Jalan Medan- Banda Macet Total

Sementara itu, Asisten I Sekdakab Aceh Selatan, Kamarsyah menyampaikan, tahun 2045 yang akan datang merupakan momentum bersejarah bagi bangsa Indonesia, karena pada waktu tersebut, negara akan genap berusia 100 tahun.

Hal inilah yang kemudian menjadi salah satu alasan munculnya gagasan generasi emas 2045, dimana pada tahun itu sebanyak 70 persen penduduk Indonesia berada dalam usia produktif.

“Untuk menghadapi datangnya hal tersebut, maka perlu dipersiapkan generasi digital yang melek akan teknologi dan melek akan sains, namun tetap kokoh akar budayanya. Selain keluarga dan lingkungan sekitar, lingkungan sekolah memiliki peran yang sangat penting untuk mewujudkan lahirnya generasi emas sebagaimana yang diharapkan,” kata Kamarsyah.

Lanjutnya, melalui lingkungan sekolah, seorang Siswa mendapatkan kesempatan dan bimbingan untuk mengoptimalkan proses kreatif mereka, memaksimalkan potensi diri yang dimiliki untuk tumbuh menjadi pribadi yang tangguh dan visioner.

Kamarsyah mengatakan, sebagaimana tujuan dilaksanakannya kegiatan ini, yaitu untuk meningkatkan daya saing pelajar di wilayah Barat Selatan Aceh.

Baca Juga :  Kemensos Jadikan Aceh Timur Pionir Rehabilitasi RTLH Tahan Gempa

“Agar dapat bersaing dengan pelajar dari Ibukota Provinsi bahkan Ibukota Negara, dalam bidang sains, bahasa, seni dan budaya, tentunya bukan hal yang mustahil, namun sangat mungkin kita wujudkan,” ujar Kamarsyah.

Sementara itu, Komandan Kodim (Dandim) 0107 Aceh Selatan Letnan Kolonel (Letkol) Arh Ariansyah, mengapresiasi kegiatan Smart On Brilliant yang tahun ini telah mencapai pelaksanaan ke sepuluh kalinya.

Ia berharap, setiap pelajar dapat menjadi individu yang berani berinovasi dan berpikiran kritis.

“Kiranya melalui kegiatan ini pula, dapat terjalin silaturahmi antar pelajar di wilayah Barat Selatan Aceh, untuk kemudian bersatu mewujudkan cita-cita kita bersama, yakni Indonesia yang maju dan sejahtera yang kemudian nantinya muncul sebagai sosok yang berperan aktif dalam pembangunan pada tahun 2045 sebagai generasi emas bangsa Indonesia,” kata Ariansyah.

Hadir Wakapolres Aceh Selatan Kompol Iswar, SH, para kepala SKPK, Muspika Tapaktuan, para Kepala SMA/SMK dan SMP dalam Kabupaten Aceh Selatan.

Share :

Baca Juga

Polisi Amankan Pelaku Pengelapan BBM Subsidi Acehzone.com

Aceh

Polisi Amankan Pelaku Pengelapan BBM Subsidi
Kasus Kekerasan Seksual di Aceh Utara Meningkat Acehzone.com

Aceh

Kasus Kekerasan Seksual di Aceh Utara Meningkat
Forum PRB Aceh Minta Pemda Kabupaten Kota Tetapkan Status Bencana Acehzone.com

Aceh

Forum PRB Aceh Minta Pemda Kabupaten Kota Tetapkan Status Bencana
Hacker Serang Situs Berita Serambi Indonesia? Acehzone.com

Aceh

Hacker Serang Situs Berita Serambi Indonesia?
BMKG ingatkan potensi angin kencang di perairan Selat Malaka Acehzone.com

Aceh

BMKG ingatkan potensi angin kencang di perairan Selat Malaka
Gedung Baru DPRK Bireuen Terbengkalai, Pj Bupati Bireuen: Pembangunan Gedung DPRK akan di Lanjutkan Tahun ini Acehzone.com

Aceh

Gedung Baru DPRK Bireuen Terbengkalai, Pj Bupati Bireuen: Pembangunan Gedung DPRK akan di Lanjutkan Tahun ini
KMAS Pusat: PBB Diminta Mejahijaukan Pelaku Pelanggaran HAM Di Aceh Acehzone.com

Aceh

KMAS Pusat: PBB Diminta Mejahijaukan Pelaku Pelanggaran HAM Di Aceh
Pansus Perizinan IUP dan HGU Bakal Turun ke Lokasi Pencemaran Limbah PT Medco Acehzone.com

Aceh

Pansus Perizinan IUP dan HGU Bakal Turun ke Lokasi Pencemaran Limbah PT Medco