Header web MDJ (1166 × 390 piksel)
Header Web ACI (1166 × 390 piksel)
Acehzone.com (1166 × 390 piksel)
previous arrow
next arrow

Home / Aceh

Senin, 22 Mei 2023 - 18:05 WIB

Setuju qanun LKS direvisi, Pemprov buka peluang bank konvensional kembali ke Aceh

BANDA ACEH, ACEHZONE.COM – Pemerintah Aceh membuka peluang untuk mengembalikan operasional bank konvensional ke Aceh, salah satu upaya yang dilakukan yakni merevisi Qanun (peraturan daerah) Aceh Nomor 11 Tahun 2018 tentang Lembaga Keuangan Syariah (LKS).

“Penyempurnaan qanun itu membuka kembali peluang bagi perbankan konvensional untuk kembali beroperasi di Aceh,” kata Juru Bicara Pemerintah Aceh Muhammad MTA, di Banda Aceh, Senin.

Seperti diketahui, pasca pemberlakuan qanun LKS sejak 2018, semua bank konvensional keluar dari Aceh. Sehingga saat ini di Aceh hanya memiliki dua bank besar saja yakni Bank Aceh Syariah (BAS) dan Bank Syariah Indonesia (BSI). Meski begitu, ada BCA Syariah yang hanya berkantor di Kota Banda Aceh, dan unit usaha syariah dari bank konvensional seperti BTN Syariah.

Terhadap rencana revisi, Pj Gubernur Aceh juga telah menyerahkan rencana perubahan qanun LKS tersebut kepada Ketua Dewan Perwakilan Rakyat Aceh (DPRA) untuk kemudian dapat dilakukan pembahasannya oleh parlemen Aceh.

Baca Juga :  Maksimalkan Pelayanan, Pj Bupati Nurdin Sidak RSUD Teuku Umar

MTA menjelaskan, pada dasarnya Pemerintah Aceh sepakat atas rencana revisi qanun LKS, dan secara khusus juga telah menyurati DPRA sejak Oktober 2022 lalu terkait peninjauan peraturan tersebut.

Wacana perubahan ini, kata MTA, merupakan aspirasi masyarakat terutama para pelaku dunia usaha, karena itu kemudian perlu dikaji dan analisa kembali terhadap dinamika dan problematika dari pelaksanaan qanun LKS selama ini.

MTA menuturkan, kasus yang menimpa BSI baru-baru ini dapat menjadi salah satu referensi bagi DPRA dalam menyempurnakan pelaksanaan dan penerapan qanun LKS.

“Termasuk mengkaji kompensasi dari setiap potensi yang merugikan nasabah yang mungkin abai dalam qanun tersebut, dan mengembalikan operasional bank konvensional,” ujarnya.

MTA menuturkan, sampai saat ini infrastruktur perbankan syariah di Aceh belum bisa menjawab dinamika dan problematika sosial ekonomi, terutama berkenaan dengan realitas transaksi keuangan berskala nasional dan internasional bagi pelaku usaha.

Baca Juga :  Semua Anggota DPRA dan DPR RI dari Aceh Punya Rekening Bank Konvensional

Sebagai bagian dari masyarakat Indonesia yang tentu mempunyai kegiatan ekonomi bertaraf nasional dan internasional, maka keberadaan perbankan konvensional sebenarnya bukan sesuatu yang mesti dibangun resistensi.

“Namun, memperkuat perbankan syariah juga menjadi prioritas kita sebagai sebuah daerah atau kawasan yang memiliki kekhususan,” katanya.

Ia menambahkan, Pemerintah Aceh sendiri pada Desember 2020 pernah menyampaikan rencana skema perpanjangan operasional bank konvensional hingga 2026 yang didasari oleh rapat antara pelaku perbankan dengan pengusaha yang dihadiri Pemerintah Aceh pada 16 Desember 2020 di Banda Aceh.

Pro-kontra memang sesuatu yang lumrah, meski demikian mari kita beri waktu kepada DPRA sebagai representatif masyarakat Aceh untuk mengkaji dan menganalisa sebagai sebuah kebijakan evaluasi terhadap qanun LKS ini demi penyempurnaan yang lebih baik,” demikian MTA.

Share :

Baca Juga

378 Bacaleg DPRK Bireuen Tetap tak Hadir dalam Uji Baca Quran Susulan, Gugur, Hanya 15 yang Hadir Acehzone.com

Aceh

378 Bacaleg DPRK Bireuen Tetap tak Hadir dalam Uji Baca Quran Susulan, Gugur, Hanya 15 yang Hadir
Banjir, Jembatan Rangka Baja 100 Meter Terancam Roboh Acehzone.com

Aceh

Banjir, Jembatan Rangka Baja 100 Meter Terancam Roboh
Anggota DPRA Ali Basrah dan Sekda Aceh Bustami Hamzah Terima Anugerah SMSI Aceh Award 2023 Acehzone.com

Aceh

Anggota DPRA Ali Basrah dan Sekda Aceh Bustami Hamzah Terima Anugerah SMSI Aceh Award 2023
Jembatan Krueng Baru Longsor Acehzone.com

Aceh

Jembatan Krueng Baru Longsor
Pembangunan Proyek Strategis Nasional Jalur KA Trans Sumatera Sumut-Aceh Mangkrak Acehzone.com

Aceh

Pembangunan Proyek Strategis Nasional Jalur KA Trans Sumatera Sumut-Aceh Mangkrak
Sertifikasi Halal Bagi Pelaku UMKM itu Penting Acehzone.com

Aceh

Sertifikasi Halal Bagi Pelaku UMKM itu Penting
Wacana Dapil Khusus Simeulue untuk DPRA Menguat Acehzone.com

Aceh

Wacana Dapil Khusus Simeulue untuk DPRA Menguat
Begini peran tersangka mantan Wali Kota Suaidi Yahya di kasus korupsi PT RS Arun Lhokseumawe Acehzone.com

Aceh

Begini peran tersangka mantan Wali Kota Suaidi Yahya di kasus korupsi PT RS Arun Lhokseumawe