Home / Nusantara

Sabtu, 1 Oktober 2022 - 19:29 WIB

Sepanjang 2022, Gempa Landa Lhokseumawe – Aceh Utara Capai 5 Kali

ACEHZONE.COM | LHOKSEUMAWE – Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) Stasiun Geofisika mencatat sepanjang 2022 sebanyak lima kali terjadi gempa bumi landa Kabupaten Aceh Utara dan Kota Lhokseumawe dengan magnitudo yang bervariasi

“Kelima gempa tersebut tidak dapat dirasakan oleh masyarakat setempat, sebab lima kali kejadian gempa bumi dengan magnitude antara 2.6 magnitudo hingga 3.4 magnitudo,” kata Kepala BMKG Stasiun Geofisika Aceh Besar, Andi Azhar Rusdin dilansir AJNN, Sabtu (1/10).

Andi menambahkan, jika dirincikan mengenai info gempa pertama sekali terjadi pada 15 Januari 2022 sekira pukul 19.08 WIB dengan lokasi 5.06 Lintang Utara dan 97.28 Bujur Timur (4 Kilometer Barat Laut Lhoksukon Aceh Utara) dengan kedalaman 6 kilometer dan magnitudo 3.0 SR.

Selanjutnya pada 14 Februari 2022 sekira pukul 11.50 WIB, dengan lokasi 5.54 Lintang Utara dan 97.01 Bujur Timur (41 Kilometer Barat Laut Kota Lhokseumawe) dengan kedalaman 10 kilometer dan magnitudo 3.1 SR.

Baca Juga :  DPRA Gelar RDP Pansus Perizinan, Migas, Minerba dan Energi 2023

Kemudian pada 1 Mei 2022 sekira pukul 19.00 WIB, lokasi 5.01 Lintang Utara dan 97.42 Bujur Timur (12 Kilometer Tenggara Lhoksukon Aceh Utara) dengan kedalaman 10 kilometer dan magnitudo 2.6 SR.

Lanjut Andi, pada 9 Juni 2022 sekira pukul 18.00 WIB dengan lokasi 5.06 Lintang Utara dan 96.96 Bujur Timur (24 Kilometer Barat Daya Kota Lhokseumawe) dengan kedalaman 2 kilometer magnitudo 3.4 SR.

“Terakhir, pada 15 Juni 2022 terjadi gempa sekira pukul 11.38 WIB, dengan lokasi 5.08 Lintang Utara dan 97.00 Bujur Timur (19 Kilometer Barat Daya Kota Lhokseumawe) dengan kedalaman 2 kilometer dan magnitudo 2.8 SR,” ujarnya.

Baca Juga :  Tempat Pengolahan Produk Makanan di Banda Aceh Tak Sesuai Sertifikasi Halal

Dikatakan Andi, jika untuk keseluruhan yang terjadi di Aceh sepanjang 2022 hingga saat ini mencapai 894 terjadi gempa bumi dan 28 diantaranya dapat dirasakan oleh masyarakat, dengan magnitude yang bervariasi.

“Kami mengimbau kepada masyarakat agar tetap waspada akan terjadinya suatu kejadian gempa bumi berhubung daerah Aceh merupakan daerah dengan tingkat kegempaan yang tinggi.

Apabila terjadi gempa bumi harap untuk tetap tenang dan tidak terpengaruh oleh isu yang tidak dapat dipertanggungjawabkan kebenarannya,” pungkasnya.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Acehzone.com. Mari bergabung di Grup Telegram “Acehzone.com”, caranya klik link https://t.me/acehzone, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dahulu di ponsel.

Share :

Baca Juga

Disbudpar Aceh - FJW Kolaborasi Promosikan Parawisata Acehzone.com

Nusantara

Disbudpar Aceh – FJW Kolaborasi Promosikan Parawisata
PSDKP Selidiki Dugaan Trawl Beroperasi Di Perairan Selat Malaka Acehzone.com

Lingkungan

PSDKP Selidiki Dugaan Trawl Beroperasi Di Perairan Selat Malaka
Sejumlah Rumah Warga Kabupaten Kepulauan Tanimbar Rusak Akibat Gempa M7,5 Acehzone.com

Nusantara

Sejumlah Rumah Warga Kabupaten Kepulauan Tanimbar Rusak Akibat Gempa M7,5
Jokowi Buka Suara Soal Pembatasan BBM Pertalite Acehzone.com

Nusantara

Jokowi Buka Suara Soal Pembatasan BBM Pertalite
Pemkab Lumajang Tetapkan Masa Tanggap Darurat Erupsi Semeru Selama 14 hari Acehzone.com

Nusantara

Pemkab Lumajang Tetapkan Masa Tanggap Darurat Erupsi Semeru Selama 14 hari
Gelar Pekan Tari Gunongan, Disbudpar Aceh Ajak Pengunjung Telusuri Taman Bermain Permaisuri Acehzone.com

Nusantara

Gelar Pekan Tari Gunongan, Disbudpar Aceh Ajak Pengunjung Telusuri Taman Bermain Permaisuri
Daftar Menteri Gagal Syarat Usia Vaksin: Mahfud hingga Luhut Acehzone.com

Nusantara

Daftar Menteri Gagal Syarat Usia Vaksin: Mahfud hingga Luhut
Guha Galian C Gle Geunteng Runtuh, Pekerja Tertimbun Acehzone.com

Nusantara

Guha Galian C Gle Geunteng Runtuh, Pekerja Tertimbun