Home / Nusantara

Sabtu, 1 Oktober 2022 - 19:48 WIB

Seorang Warga Meninggal Akibat Gempa di Tapanuli

ACEHZONE.COM | JAKARTA – Seorang warga dilaporkan meninggal dunia dan sembilan lainnya luka saat terjadi guncangan gempa bumi berkekuatan magnitudo 6,0 yang melanda wilayah Tapanuli Utara, Sumatra Utara, Sabtu.

“Gempa bumi ini mengakibatkan satu korban meninggal dunia, sembilan mengalami luka,” kata Kepala Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) Dwikorita Karnawati saat menggelar konferensi pers dalam jaringan yang diikuti dari YouTube BMKG di Jakarta, Sabtu (1/10).

Dia mengatakan peristiwa yang berlangsung sekira pukul 02.28 WIB itu juga merobohkan lima unit bangunan rumah warga dan beberapa lainnya rusak ringan.

Lokasi gempa berada di koordinat 2,13 lintang utara dan 98,89 bujur timur atau pusat gempa berada di darat 14 kilometer barat laut Tapanuli Utara, dengan kedalaman 10 kilometer.

Baca Juga :  Aceh Tamiang Menangis, Banjir Kian Meninggi

Berdasarkan lokasi episenter dan kedalaman hiposenternya, kata Dwikorita, gempa bumi yang terjadi berjenis dangkal akibat adanya aktivitas Sesar Besar Sumatra Segmen Renun. “Hasil analisa mekanisme sumber menunjukkan bahwa gempa bumi memiliki mekanisme pergerakan geser (strike-slip),” katanya.

Gempa bumi tersebut berdampak dan dirasakan di daerah Tarutung dengan skala intensitas VI MMI atau getaran dirasakan oleh semua warga. “Kebanyakan semua terkejut dan lari keluar rumah,” katanya.

Gempa di lokasi itu mengakibatkan kerusakan ringan pada bangunan seperti plester dinding lepas dan cerobong asap pabrik rusak. Gempa juga dirasakan hingga daerah Sipahutar dengan skala intensitas V MMI atau getaran dirasakan hampir semua warga dan orang banyak yang terbangun dari tidur. Situasi serupa juga dialami penduduk daerah Singkil dengan skala intensitas IV MMI.

Baca Juga :  Polda Aceh surati Kemenkominfo untuk blokir Game Higgs Domino

“Dirasakan oleh orang banyak dalam rumah,” katanya. Hal yang sama juga dirasakan warga di daerah Tapaktuan dan Gunung Sitoli dengan skala intensitas III MMI atau getaran dirasakan nyata dalam rumah.

Berdasarkan informasi sementara yang diterima BMKG, kata dia, gempa bumi itu menimbulkan kerusakan pada beberapa rumah warga di Tapanuli. “Hasil pemodelan menunjukkan bahwa gempa bumi ini tidak berpotensi tsunami,” katanya.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Acehzone.com. Mari bergabung di Grup Telegram “Acehzone.com”, caranya klik link https://t.me/acehzone, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dahulu di ponsel.

Share :

Baca Juga

ASEAN Adalah Cerita tentang Ekonomi Acehzone.com

Bisnis

ASEAN Adalah Cerita tentang Ekonomi
Kronologi Gerhana Bulan Terakhir 2022 Besok: Redup hingga Merah Darah Acehzone.com

Nusantara

Kronologi Gerhana Bulan Terakhir 2022 Besok: Redup hingga Merah Darah
Koalisi NasDem, Demokrat dan PKS Akan Diumumkan 10 November 2022 Acehzone.com

Nusantara

Koalisi NasDem, Demokrat dan PKS Akan Diumumkan 10 November 2022
Akibat Banjir di Aceh Utara, 18.160 Jiwa Mengungsi Acehzone.com

Lingkungan

Akibat Banjir di Aceh Utara, 18.160 Jiwa Mengungsi
Kemenkumham: Sudah Penuhi Syarat, Habib Rizieq Bebas Acehzone.com

Nusantara

Kemenkumham: Sudah Penuhi Syarat, Habib Rizieq Bebas
Indonesia Diharapkan Perkuat Kerjasama Antar Negara Pasca G20 Acehzone.com

G20

Indonesia Diharapkan Perkuat Kerjasama Antar Negara Pasca G20
Gunung Gle Geunteng Longsor, Dua Pekerja Meninggal Dunia Acehzone.com

Nusantara

Gunung Gle Geunteng Longsor, Dua Pekerja Meninggal Dunia
Jalan Banda Aceh-Medan Kembali Bisa Dilalui Acehzone.com

Aceh

Jalan Banda Aceh-Medan Kembali Bisa Dilalui