Home / Nusantara

Senin, 23 Januari 2023 - 16:53 WIB

PKS Tolak Usulan Biaya Haji 2023 Jadi Rp 69,2 Juta

JAKARTA, ACEHZONE.COM – PKS menolak rencana kenaikan biaya haji yang diusulkan Kementerian Agama (Kemenag) menjadi Rp 69,2 juta. PKS menilai kenaikan biaya haji itu tidak rasional.

“PKS menolak usulan biaya yang diusulkan Kemenag karena tidak rasional. Kedua 75 persen jemaah haji kan nelayan dan petani,” kata anggota Komisi VIII DPR Fraksi PKS, Iskan Qolba Lubis, kepada wartawan, Minggu (22/1/2023).

Iskan menilai rencana kenaikan biaya haji itu secara umum disebabkan karena adanya kesalahan dalam pengelolaan dana. Dia menyinggung dana haji yang diambil oleh Kemenkeu.

“Ketiga kesalahannya itu adalah pengelolaan dananya, jadi gini kan ada indirect cost yang didapatkan dari setoran awal itu kan Rp 25 juta, kalau umpama dia menabung 20 tahun atau 30 tahun berarti kan uang itu mengendap 30 tahun, harusnya kan sudah dapat di 180 persen. Berarti Rp 25 juta ditambah 18 persen sekitar Rp 55 juta kan,” kata Iskan.

Baca Juga :  Kakanwil Kemenag Aceh Buka Tes CAT

“Dulu memang keuntungan indirect cost itu sekitar 30 persen sekarang mendekati 50 persen, kenapa hal itu terjadi karena ada kesalahan dalam mengelola dana haji, apa salahnya, karena 70 persen dana haji diambil oleh Kemenkeu dalam bentuk surat utang negara, surat utang negara itu kan keuntungannya hanya sekitar 5 persen. Sedangkan inflasi 5,4 jadi ini tidak adil pemerintah karena dipakai habis-habisan, pada waktu sama badan pengelolaan keuangan haji perusahaan tidak punya modal sama sekali,” lanjut Iskan.

“Jadi biaya pengelolaan diambil dari keuntungan jemaah haji, dia tidak punya modal awal padahal perusahaan investasi, pada waktu yang sama Garuda rugi puluhan triliun dia bayar,” imbuhnya.

Iskan menyebutkan dana haji kini sudah dalam kondisi darurat. Dia lantas menekankan temuan KPK soal pengelolaan dana haji.

“Dana haji ini sudah darurat, kalau tidak terjadi kenaikan haji yang signifikan, keuntungan haji itu sudah dimakan semua. Contohnya kalau saya mau haji 10 tahun yang akan datang, keuntungan yang saya simpan itu kemakan oleh haji yang sekarang,” ucapnya.

Baca Juga :  Kurikulum Pendidikan Harus Berorientasi Dunia Kerja

“Makannya KPK mengatakan kalau Kemenag tidak mengubah sistem manajemen haji bahkan modal awalnya pun akan kemakan, itu yang kita sebut dengan setoran awal. Berarti temuan KPK itu keuntungannya sudah tergerus. Kalau dulu biaya indirect cost itu 25 persen sekarang udah 50 persen artinya sudah minus, jadi tidak ada. Kalau jemaah haji yang berangkat tahun ini harus membayar Rp 45 juta itu tidak adil,” lanjut Iskan.

Iskan menyebutkan perlunya pemerintah bertanggung jawab dari akibat yang terjadi saat ini sehingga tidak ada beban yang ditanggung jemaah haji.

“Jadi pemerintah juga harus bertanggung jawab, karena banyak dana haji dipakai untuk subsidi APBN, pemerintah harusnya kasih modal awal juga, biar kemudian tidak merugikan para jemaah haji,” ujar Iskan.

Sumber : Detik.com

Share :

Baca Juga

Banjir di Jalan Nasional Aceh Tamiang Mulai Surut, Lalin Masih Macet Acehzone.com

Nusantara

Banjir di Jalan Nasional Aceh Tamiang Mulai Surut, Lalin Masih Macet
Tim SAR: Penumpang Kapal Cantika Berjumlah 362 Orang, 20 Meninggal, 17 Hilang Acehzone.com

Nusantara

Tim SAR: Penumpang Kapal Cantika Berjumlah 362 Orang, 20 Meninggal, 17 Hilang
Menpora Cek Kesiapan Aceh-Sumut Sebagai Tuan Rumah PON 2024 Acehzone.com

Nusantara

Menpora Cek Kesiapan Aceh-Sumut Sebagai Tuan Rumah PON 2024
KTT G20 Dimulai, Jokowi Sambut Kedatangan Kepala Negara dan Undangan Acehzone.com

G20

KTT G20 Dimulai, Jokowi Sambut Kedatangan Kepala Negara dan Undangan
Bikin Ngakak, Hanya di Indonesia Ada Tukang Fhoto Copy Keliling Disingkat Fotcopling Acehzone.com

Nusantara

Bikin Ngakak, Hanya di Indonesia Ada Tukang Fhoto Copy Keliling Disingkat Fotcopling
Obat Gagal Ginjal Akut Tiba di RI Hari Ini, Segini Harganya! Acehzone.com

Nusantara

Obat Gagal Ginjal Akut Tiba di RI Hari Ini, Segini Harganya!
BMKG Ingatkan Potensi Gempa M 8,9 dan Tsunami 15 Meter di Bengkulu Acehzone.com

Nusantara

BMKG Ingatkan Potensi Gempa M 8,9 dan Tsunami 15 Meter di Bengkulu
TRC Lakukan Kaji Cepat Terdampak Angin Kencang di Mamuju Acehzone.com

Haba Bencana

TRC Lakukan Kaji Cepat Terdampak Angin Kencang di Mamuju