Home / Nusantara

Selasa, 23 Agustus 2022 - 22:26 WIB

Pj Gubernur Aceh dorong Investasi Pulau Banyak Dilanjutkan

ACEHZONE.COM | JAKARTA – Penjabat (Pj) Aceh Achmad Marzuki melakukan pertemuan dengan Menteri Investasi/Kepala Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM), Bahlil Lahadalia di kantor Kementerian Investasi di Jakarta, Senin, 22 Agustus 2022.

Dalam pertemuan itu, Achmad Marzuki meminta dukungan serta dorongan dari Kementerian Investasi supaya dilanjutkan kembali investasi pariwisata di Pulau Banyak, Aceh Singkil.

“Kita ingin dukungan dari pak Menteri. Dan dapat memberikan tax holiday khusus untuk investasi tersebut,” kata Pj Gubernur Aceh.

Diketahui, beberapa waktu lalu pemerintah Aceh batal melakukan penandatanganan Memorandum of Understanding (MoU) dengan pihak Murban Energy terkait investasi di Pulau Banyak, Aceh Singkil.

Rencana penandatanganan MoU ini dilaksanakan di Dubai, Uni Emirat Arab (UEA) pada Kamis (4/11/2021) bersamaan dengan Expo Dubai 2021. Rencana awal, penandatanganan ini akan turut disaksikan oleh Presiden RI Joko Widodo, namun investasi itu mengalami penundaan lantaran pihak Murban Energy belum siap.

Baca Juga :  Soal Pengerukan Pelabuhan Kuala Langsa, Said Mahdum Minta Dukungan Pj Gubernur Aceh

Selain itu, Pj Gubernur Aceh juga meminta dukungan Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) Arun Lhokseumawe menjadi Net Zero Carbon KEK (KEK tanpa karbon) karena reservoir kosong di Arun dapat dijadikan penyimpan karbon yang dihasilkan industri di dalam KEK Arun. “KEK Arun akan menjadi lebih menarik setelah ditemukan migas di Blok Andaman,” sebutnya.

Begitu juga diharapkan proses perizinan di KEK Arun lebih mudah dan terpadu, terutama dalam pengurusan lahan untuk investasi dalam KEK, melalui kerjasama antar pemilik lahan dalam KEK dan BUPP, Patriot Nusantara Aceh agar kemudahan berusaha (ease of doing business) lebih optimal.

Menteri Investasi/Kepala BKPM, Bahlil Lahadalia mengatakan akan mendukung atas permintaan yang disampaikan Pj Gubernur Aceh. Terutama terkait dengan investasi pariwisata di Pulau Banyak.

Baca Juga :  Jurnalis Aceh Barat Ramai-ramai Surati Pj Bupati

Dukungan juga diberikan terhadap KEK Arun yang menjadi Net Zero Carbon KEK. Supaya kedepan reservoir kosong di Arun dapat dijadikan penyimpan karbon yang dihasilkan.

Sementara itu terkait kewenangan perizinan minerba dan asimetris lainnya, Menteri Investasi Bahlil Lahadalia akan memerintahkan Deputinya untuk mengakomodir kewenangan khusus perizinan Aceh dalam sistem OSS dan terintegrasi dengan sistem database nasional, terutama database minerba (Mining One Data Indonesia-MODI).

“Semoga ini akan terlaksana sesuai dengan yang inginkan,” ujarnya.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Acehzone.com. Mari bergabung di Grup Telegram “Acehzone.com”, caranya klik link https://t.me/acehzone, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dahulu di ponsel.

Share :

Baca Juga

Bupati Flores Timur Launching Indonesia Terang Bersama Pengusaha Muda Asal Bireuen Acehzone.com

Nusantara

Bupati Flores Timur Launching Indonesia Terang Bersama Pengusaha Muda Asal Bireuen
Komasa Serahkan Draf Usulan Revisi UUPA ke Kemenkopolhukam Acehzone.com

Nusantara

Komasa Serahkan Draf Usulan Revisi UUPA ke Kemenkopolhukam
Titik Gempa M 7,9 Maluku Berpotensi Tsunami Berada di Laut Kedalaman 131 Km Acehzone.com

Nusantara

Titik Gempa M 7,9 Maluku Berpotensi Tsunami Berada di Laut Kedalaman 131 Km
Banjir Rendam Rumah Penduduk di Subulussalam dan Aceh Timur Acehzone.com

Haba Bencana

Banjir Rendam Rumah Penduduk di Subulussalam dan Aceh Timur
Jokowi Perintahkan Mentan Hingga Kepala Daerah Cek Stok Beras Acehzone.com

Nusantara

Jokowi Perintahkan Mentan Hingga Kepala Daerah Cek Stok Beras
Mobil Milik Anggota Polisi Terseret Arus di Tempat Wisata Acehzone.com

Nusantara

Mobil Milik Anggota Polisi Terseret Arus di Tempat Wisata
Hujan diprakirakan turun di kebanyakan kota besar Indonesia Acehzone.com

Nusantara

Hujan diprakirakan turun di kebanyakan kota besar Indonesia
Azwir Nazar Pimpin Iskada Aceh Acehzone.com

Nusantara

Azwir Nazar Pimpin Iskada Aceh