Home / Artikel / Haba Bencana

Senin, 14 November 2022 - 10:42 WIB

Perubahan Iklim Jurnalis – Bagian 2

Ilustrasi Perubahan Iklim. (CLIMATE CHANGE JOURNALISTS 2022)

Ilustrasi Perubahan Iklim. (CLIMATE CHANGE JOURNALISTS 2022)

ACEHZONE.com – Perubahan iklim dapat menjadi topik yang menakutkan, karena mengharuskan orang untuk menerima konsep teknis baru dan dapat memicu rasa malapetaka dan kecemasan yang luar biasa.

Untuk alasan tersebut, maka menyusun narasi yang efektif dan menceritakan kisah yang menarik adalah salah satu tujuan utama jurnalisme iklim.

Beberapa strategi berikut dapat membantu penulis membentuk sebuah informasi tentang perubahan iklim :

BINGKAI AKSI IKLIM SEBAGAI PELUANG

Banyak solusi yang diusulkan para ahli untuk mengurangi perubahan iklim terkait langsung dengan kualitas hidup dan kesejahteraan masyarakat. Misalnya, jika kita merangkul mobilitas berkelanjutan melalui tindakan seperti bersepeda dan lebih banyak berjalan kaki, dimana nantinya kita akan menghemat uang untuk bahan bakar fosil dan menuai manfaat kesehatan.

Contoh lain akan menyelidiki dampak jaringan jalur sepeda baru pada perawatan rumah sakit, obesitas, dan statistik diabetes.

Wartawan juga dapat fokus pada bagaimana kebijakan dekarbonisasi memengaruhi penciptaan lapangan kerja, menyoroti peluang bagi kaum muda yang akan segera memasuki dunia kerja.

Sudut seperti ini dapat digunakan untuk membuat konten jurnalistik yang menarik.

Meningkatnya permintaan akan teknisi khusus karena pemasangan panel surya menjadi lebih populer adalah salah satu contohnya. Melalui perspektif seperti ini, para jurnalis dapat menghasilkan berita yang menginformasikan kepada khalayak tentang pentingnya mitigasi perubahan iklim dan menghasilkan reaksi positif.

Perubahan Iklim Jurnalis – Bagian 2 Acehzone.com
Sumber : suakaonline.com

HINDARI MEMIKIRKAN PERUBAHAN IKLIM SEBAGAI MASALAH LINGKUNGAN MURNI

Perubahan iklim adalah realitas baru kita, satu dengan konsekuensi bagi masyarakat, politik, ekonomi, hukum, budaya, dan bahkan olahraga. Ini berarti kita tidak boleh membatasi liputan iklim pada halaman lingkungan dan sains, kita harus tetap membuka mata untuk cerita yang menarik untuk semua jenis audiens.

Baca Juga :  Diguyur Hujan, Puluhan Gampong di Langsa Terendam Banjir

Perubahan iklim bahkan dapat dimasukkan dalam liputan olahraga. Bisakah gelombang panas yang lebih panas dan lebih sering menyebabkan pertandingan sepak bola dijadwalkan ulang atau dipindahkan ke dalam ruangan di negara-negara yang lebih hangat? Bagaimana itu akan mempengaruhi pemain? Atau, misalnya, haruskah lapangan golf terus diairi dengan air minum?

PILIH TOPIK SEHARI-HARI YANG DEKAT DENGAN RUMAH

Menemukan sudut pandang yang beresonansi dengan pembaca akan membantu meningkatkan minat para jurnalisme iklim. Dalam hal mengomunikasikan konsep abstrak, semakin spesifik kita dapat membuat cerita tentang perubahan iklim, semakin baik.

Untuk melanjutkan contoh dampak perubahan iklim terhadap olahraga, bagaimana pemanasan global mempengaruhi pelari maraton? Bagaimana kualitas udara yang memburuk akibat pembakaran bahan bakar fosil mempengaruhi pengendara sepeda? Atau Anda dapat mempelajari seperti apa menjadi ibu di dunia dengan iklim yang berubah.

Apakah peneliti menemukan dampak kenaikan suhu pada kehamilan? Secara lebih luas, apa dampak krisis iklim terhadap kesehatan mental kita?

CARILAH JURU BICARA, SUMBER DAN ISU LOKAL

Banyak informasi iklim berasal dari Amerika Serikat dan Eropa dan dalam Bahasa Inggris. Meskipun informasi ini tidak diragukan lagi dan sangat berharga untuk pekerjaan jurnalis, para jurnalis dapat melengkapinya dengan sumber dari halaman tersebut.

Ketika jurnalis berbicara tentang perubahan iklim dan mengutip juru bicara, data, dan topik yang relevan secara lokal, sehingga mempermudah para pembaca untuk peduli dan mengidentifikasi dengan informasi-informasi perubahan iklim lainnya.

Baca Juga :  Beda BBM Subsidi dan Non-Subsidi

Hal Ini juga membantu membuat cakupan informasi lebih beragam. Sangat penting bahwa kita tidak melupakan dampak manusia dari masalah ini dan efeknya saat ini dan masa depan pada kehidupan yang tak terhitung jumlahnya .

Jurnalis lingkungan memainkan peran sosial dan harus memberikan suara kepada banyak aktor yang diperlukan untuk mewujudkan transisi yang adil.

JAUHKAN HARAPAN DICEK

Sifat kompleks dari perubahan iklim berarti bahwa hasil dari setiap tindakan yang diambil baik secara lokal maupun global, secara individu dan kolektif tidak akan langsung terlihat, yang dapat menyebabkan frustrasi bagi para pembaca.

PRIORITASKAN CERITA POSITIF DAN AJAKAN BERTINDAK

Untuk membuat perubahan iklim tidak terlalu berlebihan, jurnalis dapat menggunakan kisah sukses untuk menyoroti orang-orang yang menciptakan dan menerapkan solusi cara mengantisipasi akan terjadinya perubahan iklim.

Kisah tersebut nantinya dapat menyoroti tindakan yang diambil, pelajaran-pelajaran yang mereka pelajari selama ini, dan solusi yang dapat diadopsi oleh para pembaca.

Kisah-kisah seperti itu sangat berguna, karena banyak konsumen media ingin berhenti merasa tidak berdaya tentang perubahan iklim dan mencari cara untuk melawannya.

Kita sebagai jurnalis harus menjelaskan bahwa mitigasi dan adaptasi akan memakan waktu. Namun, kita dapat menekankan betapa berharga dan pentingnya tindakan ini untuk membangun harapan bagi generasi mendatang.

Sumber : CLIMATE CHANGE JOURNALISTS 2022

Share :

Baca Juga

Dilema Mukim di Aceh, Antara Ada dan Tiada Acehzone.com

Artikel

Dilema Mukim di Aceh, Antara Ada dan Tiada
Ini Foto Permukaan Bulan Paling Detail yang Diambil dari Bumi Acehzone.com

Artikel

Ini Foto Permukaan Bulan Paling Detail yang Diambil dari Bumi
Bireuen Ditetapkan Status Darurat Bencana Selama 14 Hari Acehzone.com

Aceh

Bireuen Ditetapkan Status Darurat Bencana Selama 14 Hari
Kapolres Pidie Dan Ketua Bhayangkari Pantau Banjir Serta Bagikan Sembako Acehzone.com

Haba Bencana

Kapolres Pidie Dan Ketua Bhayangkari Pantau Banjir Serta Bagikan Sembako
Peran E-Commerce Sebagai Alat Bantu Penjualan Masa Kini Acehzone.com

Artikel

Peran E-Commerce Sebagai Alat Bantu Penjualan Masa Kini
CSR Perusahaan Untuk Siapa Acehzone.com

Artikel

CSR Perusahaan Untuk Siapa
Lima Kecamatan di Aceh Tamiang Terendam Banjir Acehzone.com

Haba Bencana

Lima Kecamatan di Aceh Tamiang Terendam Banjir
Menggali Cuan dari Carbon Trading di Eks Arun Acehzone.com

Artikel

Menggali Cuan dari Carbon Trading di Eks Arun