Home / Nusantara

Rabu, 2 November 2022 - 08:14 WIB

Pemenang Penghargaan Jurnalistik JMSI 2022

Ketua Panitia Pelaksana Penghargaan Jurnalistik JMSI 2022, Azhari.

Ketua Panitia Pelaksana Penghargaan Jurnalistik JMSI 2022, Azhari.

ACEHZONE.com | BANDA ACEH – BANDA ACEH – Lomba karya jurnalistik yang dikemas dalam bentuk Penghargaan Jurnalistik Jaringan Media Siber Indonesia (JMSI) 2022 berakhir.

Dari ratusan materi video, foto, dan Karya tulis yang dikirimkan peserta kepada panitia, Dewan Juri telah menetapkan nama pemenang berdasarkan kategori lomba.

Dalam kegiatan Penghargaan Jurnalistik JMSI 2022 itu, Dewan Juri terdiri atas, Chaider Mahyuddin (juri foto), Davi Abdullah (juri video), Ramon Damora (juri karya tulis), serta Teguh Santosa, dan Almunizal Kamal sebagai juri kehormatan, telah melakukan serangkaian penilaian dan penjurian terhadap karya yang dikirimkan para jurnalis dari Aceh dan sejumlah daerah lainnya di Indonesia.

Ketua Panitia Pelaksana Penghargaan Jurnalistik JMSI 2022, Azhari menerangkan, tahapan dari proses kegiatan sayembara itu adalah penjurian akhir.

Sesuai dengan jadwal yang ditetapkan, pada 1 November 2022, adalah waktu pengumuman nama-nama peserta yang dinyatakan sebagai pemenang.

Adapun nama-nama pemenang untuk Penghargaan Jurnalistik JMSI 2022 adalah sebagai berikut, untuk karya tulis jurnalistik, juara pertama diraih oleh Zulkarnaini, wartawan Kompas.id, dengan judul karya Desa Geunteut, Pesona Wisata dari Durian hingga Nilam.

Sementara juara dua Muhammad Fadhil, wartawan popularitas.com, dengan karya berjudul Keindahan Lhok Mata Ie di Balik Pegunungan Aceh Besar. Sedangkan juara tiga dimenangkan oleh Khalis Surry, wartawan LKBN Antara, dengan judul karya Geliat Sabang Dongkrak Ekonomi Warga melalui Desa Wisata.

Baca Juga :  Penjabat Gubernur Aceh Saksikan Perjanjian Kerja Sama Wilayah Kerja OSWA & ONWA

Sementara itu, untuk kategori lomba karya foto jurnalistik, juara pertama Fahzian Aldevan, wartawan Acehexpres.com, sedangkan juara dua diraih Fajri Fatmawati wartawan medcom.id, dan juara tiga dimenangkan Irwansyah, wartawan LKBN Antara.

Sedangkan kategori lomba Karya video jurnalistik, Juara pertama diraih oleh M Zakaria, wartawan acehvideo.tv dengan judul liputan, Wisata Tanah Gayo kembali bangkit, kemudian juara kedua dimenagnkan oleh Sukri, wartawan inews TV, dengan judul liputan, Keindahan Laut Sabang, Surga Pecinta Snorkling dan Diving. Untuk pemenang ketiga, di raih Aprizal Rachmad, wartawan Antara TV, dengan judul liputan, Historia Terbunuhnya Kohler.

Azhari melanjutkan, para pemenang, nantinya akan di undang secara khusus untuk menerima hadiah dan piala pada acara malam puncak Penghargaan Jurnalistik JMSI 2022 pada 11 November 2022 di Anjong Mon Mata Banda Aceh.

Secara khusus, tukas Azhari, pihaknya menyampaikan terima kasih kepada pihak-pihak yang mendukung suksesnya kegiatan ini, terutama Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Aceh, PT Bank Aceh Syariah, PT Solusi Bangun Andalas, dan Wakil Ketua DPR Aceh Safaruddin.

Baca Juga :  Polri Buka Pendaftaran Sekolah Inspektur Polisi Sumber Sarjana

Sementara itu, Ketua Umum JMSI Teguh Santosa menambahkan, kegiatan Penghargaan Jurnalistik JMSI 2022 merupakan kali pertama digelar, dan Pengurus Daerah (Pengda) JMSI Aceh bertindak sebagai tuan rumah.

“Even ini akan menjadi acara rutin yang nantinya menjadi agenda nasional pihaknya yang akan dilangsungkan pada kota lainnya di Indonesia,” katanya, Selasa (1/11).

Kegiatan tersebut, kata Teguh lagi, merupakan apresiasi JMSI sebagai wadah organisasi perusahaan pers di Tanah air, untuk memberikan apresiasi terhadap para wartawan, yang bekerja profesional, dan menyandarkan kerja-kerja persnya dengan tetap menjunjung prinsip-prinsip jurnalistik.

Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Disbudpar) Aceh, Almunizal Kamal mengharapkan, kegiatan lomba karya jurnalistik yang mengangkat tema kepariwisataan di Indonesia dan di Aceh hendaknya dapat terus dilakukan ke depannya.

“Media siber sangat efektif dan punya peran penting sebagai sarana promosi kepariwisataan di tanah air. Dengan adanya penghargaan jurnalistik yang secara khusus mengangkat tema tentang wisata, maka hal tersebut akan merangsang para wartawan dan jurnalis untuk senantiasa memberitakan ragam dan pesona destinasi wisata yang ada di daerah ini,” imbuhnya.

Share :

Baca Juga

BPMA dan PGE Edukasi Wartawan Acehzone.com

Nusantara

BPMA dan PGE Edukasi Wartawan
Polda Aceh surati Kemenkominfo untuk blokir Game Higgs Domino Acehzone.com

Hukum dan Kriminal

Polda Aceh surati Kemenkominfo untuk blokir Game Higgs Domino
Viral Bendera Merah Putih Dibakar, Polda Aceh Turun Tangan Acehzone.com

Nusantara

Viral Bendera Merah Putih Dibakar, Polda Aceh Turun Tangan
Jokowi Perintahkan Mentan Hingga Kepala Daerah Cek Stok Beras Acehzone.com

Nusantara

Jokowi Perintahkan Mentan Hingga Kepala Daerah Cek Stok Beras
Bandara SIM Tak Ada Izin Berangkatkan Jamaah Umrah, Terpaksa Terbang Melalui Medan Acehzone.com

Nusantara

Bandara SIM Tak Ada Izin Berangkatkan Jamaah Umrah, Terpaksa Terbang Melalui Medan
Kronologi Fast Boat Tenggelam di Perairan Gianyar, Sempat Bocor Setelah Berlayar Acehzone.com

Nusantara

Kronologi Fast Boat Tenggelam di Perairan Gianyar, Sempat Bocor Setelah Berlayar
Banyak Warga Aceh ‘Gila’ Akibat Media Sosial & Game Acehzone.com

Nusantara

Banyak Warga Aceh ‘Gila’ Akibat Media Sosial & Game
Wali Nanggroe temui Menko Polhukam Mahfud MD bahas kasus HAM berat konflik Aceh Acehzone.com

Aceh

Wali Nanggroe temui Menko Polhukam Mahfud MD bahas kasus HAM berat konflik Aceh