Home / Nusantara / Teknologi

Kamis, 27 Oktober 2022 - 09:25 WIB

One Village one Kreator Digital

ACEHZONE.COM | BANDA ACEH – Khusus untuk Aceh yang sudah menganut Syariat Islam maka diharuskan lahir kreator digital yang berbasis kearifan lokal.

Di mana kreator digital tersebut harus mampu memfilter setiap apa yang akan dipromosikan didunia digital agar simbol kearifan lokal Aceh itu menjadi pembeda dengan daerah lain, Untuk itu semua stakeholder di Aceh harus hadir menjawab itu semua.

One village one kreator Digital (satu desa satu kreator) dan akan melahirkan ide-ide kreatif di internet. Sehingga, internet dan konektivitas bisa menghasilkan uang.

Hal ini disampaikan, Dosen Sosiologi USK Dr. Masrizal, S.Sos.I., MA, pada Sosialisasi Pembangunan & Pengembangan Akses Internet Dengan Teknologi Satelit, Selasa (25/10/2022) di Banda Aceh, yang dikutip dalam situs resmi acehprov.go.id, Kamis (27/10/2022).

Untuk itu, lanjutnya, harus ada integrasi pemerintah dan Kominfo, kalau di Aceh lahirnya qanun atau reusam di tingkat gampong.

“Komunikasi melalui internet sudah menjadi kebutuhan primer bukan lagi sekunder. Tujuan teknologi adalah untuk memajukan kapasitas teknis dalam membuat barang atau layanan menjadi berguna untuk manusia,” jelasnya, turut dibuka oleh Wakil Ketua Komisi I DPR RI T Riefki Harsya.

Baca Juga :  Tolak Kenaikan BBM, Sejumlah Buruh Aceh Lakukan Demo di DPRA

Dikatakan, Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo) Indonesia menjadi negara keempat yang memiliki satelit dengan teknologi very high throughput dari beberapa negara lainnya.

“Komunikasi menggunakan teknologi Internet hampir menjadi kebutuhan primer setiap orang di Indonesia. Perkembangan teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) yang pesat menyebabkan perubahan pola sistem jaringan menjadi semakin efisien,” ujarnya juga hadir Prof Henri Subiakto.

Menurutnya, Wilayah indonesia dengan ribuan pulau yang saling terpisah dengan lautan, dan jumlah penduduk yang tersebar di pedalaman dan perbatasan.

Berdasarkan hal tersebut sudah sangat perlu untuk memiliki infrastruktur informasi yang diharapkan dapat mengintegrasikan masyarakat Indonesia di seluruh wilayah.

Sehingga dapat lebih meningkatkan taraf hidup masyarakat dan mempermudah koordinasi pemerintah pusat dengan daerah.

Di Indonesia, pengguna internet mencapai 150 juta jiwa dengan penetrasi 56% yang tersebar diseluruh wilayah. Jumlah tersebut hanya selisih sedikit dengan jumlah pengguna internet mobile yang berjumlah 142.8 juta jiwa dengan persentase penetrasi sebesar 53%.

Baca Juga :  Anggaran Dana Desa Rawan Pengelolaan yang tidak Baik

Hasil survey APJII 2018 pengguna internet masih memiliki persentase paling tinggi di pulau Jawa dan Sumatra.

Sambungnya, hubunganmanusia dan teknologi sangat berkaitan yakni ilmu berkaitan dengan pemahaman dan bertujuan untuk meningkatkan pikir manusia, sedangkan teknologi memusatkan diri pada manfaat dan tujuannya dalam menambah kapasitas kerja manusia.

“Tujuan teknologi adalah memajukan kapasitas teknis dalam membuat barang atau layanan menjadi berguna untuk manusia,” paparnya.

Teknologi harus menyesuaikan diri dengan lingkungan tertentu manusia, agar teknologi tersebut digunakan oleh manusia. Serta Input teknologi berupa material alamiah, daya alamiah, keahlian, teknik, alat, mesin, ilmu maupun pengetahuan.

“Teknologi menghasilkan produk berdimensi tiga (The Liangie), sedangkan manusia adalah penggerak jalannya sebuah teknologi,” katanya

Share :

Baca Juga

5 Hard Skill yang Perlu Dikuasai saat Banyak Pekerjaan yang Digantikan Mesin Acehzone.com

Artikel

5 Hard Skill yang Perlu Dikuasai saat Banyak Pekerjaan yang Digantikan Mesin
Dishub Aceh Segera Koordinasi dengan Organda Soal Penyesuaian Tarif Angkutan Umum Acehzone.com

Nusantara

Dishub Aceh Segera Koordinasi dengan Organda Soal Penyesuaian Tarif Angkutan Umum
Masyarakat Aceh Tamiang Harus Lebih Disiapkan Menghadapi Bencana Acehzone.com

Nusantara

Masyarakat Aceh Tamiang Harus Lebih Disiapkan Menghadapi Bencana
Kumpulan Link Twibbon Hari Ayah Nasional 12 November 2022 untuk Dibagikan ke Medsos Acehzone.com

Teknologi

Kumpulan Link Twibbon Hari Ayah Nasional 12 November 2022 untuk Dibagikan ke Medsos
Gelombang Penolakan Harga BBM Naik, Mahasiswa Turun ke Jalan, Hari Ini Giliran Buruh Demo di DPR Acehzone.com

Nusantara

Gelombang Penolakan Harga BBM Naik, Mahasiswa Turun ke Jalan, Hari Ini Giliran Buruh Demo di DPR
Gempa Magnitudo 7,9 Guncang Maluku Tenggara Barat, Berpotensi Tsunami Acehzone.com

Nusantara

Gempa Magnitudo 7,9 Guncang Maluku Tenggara Barat, Berpotensi Tsunami
Kapolri Ingin Warga yang Gagal Ujian Praktik SIM, Bisa Mengulang di Hari yang Sama Acehzone.com

Nusantara

Kapolri Ingin Warga yang Gagal Ujian Praktik SIM, Bisa Mengulang di Hari yang Sama
Banyak Warga Aceh ‘Gila’ Akibat Media Sosial & Game Acehzone.com

Nusantara

Banyak Warga Aceh ‘Gila’ Akibat Media Sosial & Game