Home / Pendidikan

Rabu, 31 Agustus 2022 - 06:56 WIB

Minat Kuliah Generasi Aceh Tamiang Rendah

ACEHZONE.COM | ACEH TAMIANG – Minat generasi Aceh Tamiang melanjutkan pendidikan kejenjang Perguruan Tinggi dinilai masih rendah. Jumlah penduduk yang memiliki ijazah diploma sampai dengan sarjana tidak sampai 10 persen.

Hal itu terungkap dalam kegiatan “Ngobrol Seru Bersama Legislator” yang digelar Diskominfo bersama DPRK Aceh Tamiang, Senin (29/8/2022). Acara ini juga dihadiri mahasiswa yang tengah menjalani praktek kerja lapangan (PKL) dilingkungan Pemkab Aceh Tamiang.

“Berdasarkan data Badan Pusat Statistik (BPS) Aceh Tamiang dalam laporan Indikator Kesejahteraan Rakyat Kabupaten Aceh Tamiang 2021 menyebut jumlah penduduk yang memiliki ijazah diploma sampai dengan sarjana hanya sebanyak 9,22 persen,” kata anggota Komisi 1 DPRK Aceh Tamiang, Jayanti Sari di Karang Baru, Selasa (30/8/2022).

Dalam acara kolaborasi tersebut Jayanti Sari hadir sebagai dewan yang membidangi masalah pendidikan. Acara dipandu Kasi Bidang Data Diskominfo Atam, Dr Neni Sriwahyuni.

Berangkat dari persoalan tersebut maka Diskominfo dan DPRK Aceh Tamiang membuat acara tentang persoalan peningkatan minat melanjutkan studi di jenjang perguruan tinggi.

Baca Juga :  Disdik, DSI dan ISAD Aceh Teken MoU Peningkatan Mutu Pendidikan Berbasis Syariat Islam

Jayanti mengatakan jika mengacu pada data BPS terdapat 29,72 persen penduduk Aceh Tamiang yang menyelesaikan pendidikannya di jenjang SMA dan SMK, tapi persentase yang menamatkan kuliah hanya 9,22 persen.

“Inikan timpang jika kita menelisik tidak sampai 3 persen anak tamiang yang menyelesaikan pendidikan sampai ke perguruan tinggi,” ujar politisi PKS ini.

Menurut Jayanti Sari banyak anak-anak yang tidak melanjutkan kuliah karena faktor rendahnya dukungan dari keluarga, ekonomi, dan lingkungan sekitar.

“Masih banyak kita lihat keluarga-keluarga khususnya di daerah pedalaman yang tidak mengutamakan pendidikan, namun lebih menyuruh anak-anak mereka bekerja selepas SMA/sederajat,” katanya.

Tentunya tambah Jayanti Sari dibutuhkan kebijakan pemerintah dalam meningkatkan minat anak-anak Tamiang untuk melanjutkan ke perguruan tinggi demi terciptanya kualitas pendidikan dan hidup masyarakat Aceh Tamiang kedepan.

Baca Juga :  782 Siswa Di Agara Terima Beasiswa PIP Dari Ketua Komisi I DPR RI

Salah satu audiens kegiatan Ngobrol Seru Bersama Legislator yang juga mahasiswa Antropologi asal Universitas Malikussaleh Lhokseumawe, Zulkarnaen mengatakan, di tempatnya tinggal wilayah Tenggulun banyak anak-anak yang hanya menamatkan sekolah jenjang SMA. Mereka, kata dia tidak melanjutkan kuliah karena sejumlah faktor mengelola kebun milik keluarga, disuruh menikah bagi yang perempuan dan memilih bekerja di perkebunan swasta.

“Anak-anak di perkebunan kelapa sawit seperti Tenggulun memiliki motivasi rendah untuk sekolah, jadi dikampung saya Adil Makmur bisa dihitung jari kurang lebih hanya lima orang yang kuliah dan tamat,” tutur Zulkarnaen.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Acehzone.com. Mari bergabung di Grup Telegram “Acehzone.com”, caranya klik link https://t.me/acehzone, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dahulu di ponsel.

Baca : Ads –  Jasa Pengiriman Mobil ke Seluruh Indonesia

Baca : Cara Menghasilkan Uang dari Internet Marketing

Share :

Baca Juga

UNAYA Akan Kembali Melaksanakan Seminar Nasional Multidisiplin Ilmu IV Tahun 2022 Acehzone.com

Info Kampus

UNAYA Akan Kembali Melaksanakan Seminar Nasional Multidisiplin Ilmu IV Tahun 2022
Akademisi sarankan anak muda kurangi akses media sosial cegah FOMO Acehzone.com

Nusantara

Akademisi sarankan anak muda kurangi akses media sosial cegah FOMO
Rombongan Gathering Wisata Pulau Banyak Tinjau Penangkaran Penyu Acehzone.com

Pendidikan

Rombongan Gathering Wisata Pulau Banyak Tinjau Penangkaran Penyu
Kemendikbudristek Luncurkan Program Sekolah Sehat Acehzone.com

Pendidikan

Kemendikbudristek Luncurkan Program Sekolah Sehat
Nandong Smong, Kesenian Tradisional Simeulue Acehzone.com

Haba Bencana

Nandong Smong, Kesenian Tradisional Simeulue
Orang Tua Jangan Lengah, Ini 4 Risiko Bermain Lato-Lato Acehzone.com

Pendidikan

Orang Tua Jangan Lengah, Ini 4 Risiko Bermain Lato-Lato
Kemensos Kenalkan Program Difagana di Forum Internasional, Apaan Tuh? Acehzone.com

Pendidikan

Kemensos Kenalkan Program Difagana di Forum Internasional, Apaan Tuh?
Polda Aceh Rilis Nama Penerima Beasiswa BPSDM tidak Sesuai Syarat, Ini Daftarnya! Acehzone.com

Pendidikan

Polda Aceh Rilis Nama Penerima Beasiswa BPSDM tidak Sesuai Syarat, Ini Daftarnya!