Home / Travel

Minggu, 21 Agustus 2022 - 08:32 WIB

Merdeka Bagi Menparekraf, Terus Buka Peluang dan Ciptakan Lapangan Kerja

ACEHZONE.COM | JAKARTA – Saat merayakan HUT ke-77 RI di Pulau Untung Jawa, Menparekraf Sandiaga Uno membagikan arti merdeka bagi pemerintah serta sektor pariwisata dan ekonomi kreatif.

Tahun ini Presiden Joko Widodo perintahkan jajaran kementerian untuk merayakan Hari Ulang Tahun (HUT) Republik Indonesia ke-77 di lokasi tugas masing-masing. Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) memilih Kepulauan Seribu sebagai lokasi perayaannya. Tepatnya di Pulau Untung Jawa.

Menparekraf Sandiaga Uno rayakan kemerdekaan di Pulau Untung Jawa dengan mengenakan pakaian adat Suku Kaili, dari Palu, Sulawesi Tengah. Ia tampil cerah dengan pakaian bernuansa hijau dan kuning itu.

Di Pulau Untung Jawa, Sandiaga beserta jajarannya menyaksikan upacara bendera sekaligus detik-detik proklamasi yang disiarkan langsung dari Istana Merdeka. Setelah itu, ia menyempatkan diri untuk melihat dan mengomandoi beberapa lomba 17 Agustus yang diadakan di Pantai Sakura, Pulau Untung Jawa.

Pada perayaan kali ini, Sandiaga sempat membagikan makna kemerdekaan bagi pemerintah dan kementerian. Bagi pemerintah, merdeka adalah terbebasnya masyarakat dari berbagai permasalahan yang dialami, mulai dari kemiskinan hingga pandemi. Tak lupa, merdeka juga berarti Indonesia dapat leluasa bergerak menuju tujuan Indonesia yaitu Indonesia maju, sejahtera, adil, dan makmur.

Baca Juga :  Bandara Alas Leuser Kembali Layani Penerbangan Perintis Banda Aceh – Kutacane

“Arti merdeka adalah kita merdeka dari kemiskinan, kita merdeka dari perpecahan, kita merdeka dari keterpurukan, kita merdeka dari pendidikan yang rendah, kita merdeka dari rasa khawatir, kita merdeka dari pandemi, dan tentunya kita merdeka menuju Indonesia maju, sejahtera, adil, dan makmur. Itu makna merdeka bagi kami,” kata Sandiaga kepada media di Pulau Untung Jawa, Rabu (17/8/2022).

Kemudian ia juga mengutarakan makna merdeka bagi sektor pariwisata dan ekonomi kreatif. Menurutnya, merdeka adalah keleluasaan untuk terus membuka kesempatan kerja, baik melalui pemberian peluang usaha, pembukaan lapangan kerja, hingga dukungan pengembangan UMKM.

“Dan khusus pariwisata dan ekonomi kreatif, kita merdeka untuk terus membuka peluang usaha, menciptakan lapangan pekerjaan, dan merdeka untuk mendorong produk-produk UMKM kita,” kata Sandi.

Baca Juga :  Tempat Wisata Alam di Aceh, dari Pantai hingga Air Terjun

Dalam pertemuan bersama media, Sandi juga memuji UMKM Pulau Untung Jawa. Saat menunggu pelaksanaan detik-detik proklamasi, Sandi sempat disuguhi keripik sukun, oleh-oleh khas Kepulauan Seribu yang diproduksi langsung di Pulau Untung Jawa.

Menurutnya, pengemasan dari suguhan sukun yang ia terima sudah sangat baik. Ia berharap ke depannya masyarakat dan UMKM Pulau Untung Jawa dapat terus meningkatkan kualitasnya, baik dari segi produk UMKM maupun variasi aktivitas wisata.

“Tadi packaging-nya sudah sangat baik. Terima kasih para UMKM Pulau Untung Jawa. Setelah terpilih jadi desa wisata terbaik Indonesia 2021, masuk 50 besar, terus ditingkatkan. Diharapkan ini membuka paket wisata yang variatif, khususnya wisata air yang ternyata sangat diminati oleh masyarakat pasca pandemi,” ujar Sandi.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Acehzone.com. Mari bergabung di Grup Telegram “Acehzone.com”, caranya klik link https://t.me/acehzone, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dahulu di ponsel.

Share :

Baca Juga

Berkunjung ke Aceh? Ini 5 Tempat Wisata Pantai yang Wajib Anda Kunjungi Acehzone.com

Travel

Berkunjung ke Aceh? Ini 5 Tempat Wisata Pantai yang Wajib Anda Kunjungi
Mobil bermasalah dan malas macet dijalan Acehzone.com

Jasa Pengiriman Mobil

Mobil bermasalah dan malas macet dijalan
Taman Kota Pidie Jaya Ramai Dikunjungi Wisatawan Lokal Acehzone.com

Travel

Taman Kota Pidie Jaya Ramai Dikunjungi Wisatawan Lokal
Jelajah Wisata, Puluhan Mobil Meriahkan Offroad Adventure di Bener Meriah Acehzone.com

Travel

Jelajah Wisata, Puluhan Mobil Meriahkan Offroad Adventure di Bener Meriah
Pantai Sumur Tiga Sabang - Fasilitas Wisata, Harga Tiket, dan Lokasi Acehzone.com

Travel

Pantai Sumur Tiga Sabang – Fasilitas Wisata, Harga Tiket, dan Lokasi
Penerbangan Wings Air ke Bandara Rembele Kembali Beroperasi Mulai 2 Oktober Acehzone.com

Bisnis

Penerbangan Wings Air ke Bandara Rembele Kembali Beroperasi Mulai 2 Oktober
Yuk Wisata ke Aceh, Sabang Menjadi Primadona Acehzone.com

Travel

Yuk Wisata ke Aceh, Sabang Menjadi Primadona
Sandiaga Uno: Second Home Visa Bantu Tingkatkan Kunjungan Wisman Acehzone.com

Travel

Sandiaga Uno: Second Home Visa Bantu Tingkatkan Kunjungan Wisman