Home / Pemilu

Jumat, 26 Agustus 2022 - 06:49 WIB

KPU Usul Pilkada Dimajukan ke September 2024

ACEHZONE.COM | JAKARTA – Ketua KPU Hasyim Asyari mengusulkan pemilihan kepala daerah atau Pilkada digelar September 2024. Hal ini diungkapkan dalam diskusi bertajuk ‘Menyongsong Pemilu 2024: Kesiapan, Antisipasi dan Proyeksi’.

“Mungkin nanti KPU akan mengajukan usulan itu satu saja, untuk pemungutan suara Pilkada maju jadi September 2024,” ujar Hasyim dalam diskusi yang disiarkan melalui kanal YouTube BRIN Indonesia, Kamis (25/8).

Dalam UU Nomor 10 Tahun 2016 tentang Pilkada pasal 101, pemungutan suara dijadwalkan pada November 2024. Hasyim menilai keserentakan waktu pemungutan suara saja tak cukup, namun harus ada keserentakan pelantikan juga.

“Jika keserentakan pelantikan belum, padahal dalam UU Pilkada ada, keserentakannya adalah bersama-sama dengan pelantikan pejabat yang masa jabatannya paling akhir,” jelas Hasyim.

Baca Juga :  Kemendagri Ajak Masyarakat Bersikap Cerdas di Pemilu 2024

Ads –  Jasa Pengiriman Mobil ke Seluruh Indonesia

“Karena Pilkada serentak kira-kira begini, kalau tonggaknya di tengah, masa jabatan yang habis di awal, diisi penjabat, lalu dimundurkan. Kalau yang masih menjabat, pilkada dimajukan, incumbent masih mendudukkan jabatan. Apalagi kalau incumbent nyalon Pilkada dimajuin, kalah,” sambungnya.

Hasyim mengatakan pemungutan suara pada November 2024 akan membuat keserentakan pelantikan pada Desember 2024 sulit tercapai. Dia mengatakan hal itu sulit terwujud karena ada kemungkinan gugatan hasil Pilkada ke Mahkamah Konstitusi (MK).

Dia mengatakan ada potensi putusan MK memerintahkan pemungutan suara atau rekapitulasi ulang. Hal itu, katanya, membuat keserentakan pelantikan tak mungkin tercapai.

“Kami pada saat audiensi dengan presiden berbincang soal ini. Kira-kira kemungkinannya yang paling rasional atau memungkinkan, the most possible, kita akan ajukan supaya coblosannya September,” kata Hasyim.

Baca Juga :  Ingin Koalisi Besar, Demokrat Sudah Berpikir Menang Pilpres

Baca : Belajar Buat Website Tanpa Coding

“Pertama begini, kalau September itu kalau kira-kira Pilkada kabupaten/kota sudah ada hasil 7 hari. Ada orang gugat ke MK, Pilgub 14 hari gugat. Kalau ada pemungutan suara perhitungan suara kita masih bisa mengejar pelantikan pada Desember 2024,” sambungnya.

Sehingga, katanya, persepsi Pilkada 2024 yang ditujukan untuk membentuk pemerintahan di tahun yang sama bisa tercapai. Dia juga mengingatkan jabatan Presiden akan berakhir pada Oktober 2024.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Acehzone.com. Mari bergabung di Grup Telegram “Acehzone.com”, caranya klik link https://t.me/acehzone, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dahulu di ponsel.

Share :

Baca Juga

Branding Politik di Era Digital untuk Mendulang Suara di Pemilu 2024 Acehzone.com

Headline News

Branding Politik di Era Digital untuk Mendulang Suara di Pemilu 2024
Tinggal Tunggu Waktu, Koalisi Partai NasDem, Demokrat, dan PKS Segera Rampung Acehzone.com

Pemilu

Tinggal Tunggu Waktu, Koalisi Partai NasDem, Demokrat, dan PKS Segera Rampung
Mundur Kualitas Demokrasi, AHY Tolak Pemilu Sistem Proporsional Tertutup Acehzone.com

Pemilu

Mundur Kualitas Demokrasi, AHY Tolak Pemilu Sistem Proporsional Tertutup
Ini Lima Instruksi Presiden Terkait Pemilu 2024 Acehzone.com

Pemilu

Ini Lima Instruksi Presiden Terkait Pemilu 2024
NasDem Resmi Usung Anies Jadi Capres untuk Pemilu 2024! Acehzone.com

Nusantara

NasDem Resmi Usung Anies Jadi Capres untuk Pemilu 2024!
Kini Parpol Curangi Pemilu Kata Mahfud MD Acehzone.com

Pemilu

Kini Parpol Curangi Pemilu Kata Mahfud MD
Gelar Rapimnas, Demokrat Bahas Kondisi Ekonomi Bangsa Hingga Rencana Pemilu 2024 Acehzone.com

Pemilu

Gelar Rapimnas, Demokrat Bahas Kondisi Ekonomi Bangsa Hingga Rencana Pemilu 2024
Bawaslu Ingatkan KPU untuk Terbuka dalam Tahapan Pemilu 2024 Acehzone.com

Pemilu

Bawaslu Ingatkan KPU untuk Terbuka dalam Tahapan Pemilu 2024