Home / Pemilu

Kamis, 15 September 2022 - 09:37 WIB

KPU Sebut 95% Parpol Belum Lengkapi Dokumen Pendaftaran

ACEHZONE.COM | JAKARTA – Hasil verifikasi administrasi Komisi Pemilihan Umum (KPU) menyebut 95 persen partai politik belum memenuhi dokumen persyaratan. Oleh karena itu, KPU mempersilakan mereka untuk memperbaiki dokumen pendaftarannya.

“Berdasarkan hasil verifikasi administrasi yang dilakukan oleh KPU mulai tanggal 16 Agustus sampai dengan 11 Oktober 2022, ada 95,83% partai politik yang KPU persilakan untuk memperbaiki dokumen pendaftarannya,” ujar Ketua Divisi Teknis KPU RI Idham Holik saat dihubungi, Rabu (14/9/2022).

Hal ini dilakukan agar para parpol dapat memenuhi ketentuan Pasal 173 ayat 2 dan Pasal 177 UU No. 7 Tahun 2017 juncto pasal 7 dan 8 PKPU No. 4 Tahun 2022.

“Bagi partai politik yang hasil verifikasi administrasinya belum memenuhi syarat (BMS), mulai esok (15 September 2022) sampai dengan 28 September 2022, KPU mempersilahkan partai politik untuk menyerahkan perbaikan dokumen persyaratan partai politik,” kata Idham.

Baca Juga :  Bawaslu Ingatkan KPU untuk Terbuka dalam Tahapan Pemilu 2024

Diberitakan sebelumnya, Komisi Pemilihan Umum (KPU) akan mengumumkan hasil verifikasi administrasi kepada 24 parpol yang sebelumnya dinyatakan lolos berkas. Oleh karena itu, KPU meminta mereka untuk mengecek akun sipol partainya masing-masing.

“Hari ini KPU akan menyampaikan hasil verifikasi administrasi. Mekanisme penyampaian hasil verifikasi administrasi itu akan dilakukan melalui sipol termasuk juga kami akan menyampaikan hasil verifikasi administrasi melalui aplikasi sipol,” ujar Ketua Divisi Teknis KPU RI, Idham Holik saat dihubungi, Rabu (14/9/2022).

“Dan hari ini kami minta parpol untuk dapat mengakses dokumen hasil verifikasi yang kami sampaikan melalui sipol,” sambung Idham.

Baca Juga :  Partai Demokrat Targetkan 15 Persen Kursi Parlemen pada Pemilu 2024

Kemudian, KPU memberi kesempatan bagi parpol selama 14 hari mulai tanggal 15 sampai 28 September untuk memperbaiki dokumen yang masuk kategori BMS (Belum Memenuhi Syarat) dan TMS (Tidak Memenuhi Syarat). Di mana hal tersebut juga tercantum dalam pasal 46 ayat 1 dan 2 PKPU Nomor 4 Tahun 2022.

“Dan kami persilakan dokumen-dokumen tersebut diunggah kembali melalui aplikasi sipol,” kata Idham.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Acehzone.com. Mari bergabung di Grup Telegram “Acehzone.com”, caranya klik link https://t.me/acehzone, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dahulu di ponsel.

Share :

Baca Juga

Wacana Dapil Khusus Simeulue untuk DPRA Menguat Acehzone.com

Aceh

Wacana Dapil Khusus Simeulue untuk DPRA Menguat
Ingin Koalisi Besar, Demokrat Sudah Berpikir Menang Pilpres Acehzone.com

Pemilu

Ingin Koalisi Besar, Demokrat Sudah Berpikir Menang Pilpres
Partai Demokrat Targetkan 15 Persen Kursi Parlemen pada Pemilu 2024 Acehzone.com

Nusantara

Partai Demokrat Targetkan 15 Persen Kursi Parlemen pada Pemilu 2024
KIP Aceh akan Buka Rekrutmen PPK dan PPS Acehzone.com

Nusantara

KIP Aceh akan Buka Rekrutmen PPK dan PPS
KPU Usul Pilkada Dimajukan ke September 2024 Acehzone.com

Pemilu

KPU Usul Pilkada Dimajukan ke September 2024
NasDem Resmi Usung Anies Jadi Capres untuk Pemilu 2024! Acehzone.com

Nusantara

NasDem Resmi Usung Anies Jadi Capres untuk Pemilu 2024!
Tingkatkan Partisipasi Pemilih Pemula, KIP Lhokseumawe Optimalkan Kampanye di Media Sosial Acehzone.com

Pemilu

Tingkatkan Partisipasi Pemilih Pemula, KIP Lhokseumawe Optimalkan Kampanye di Media Sosial
Soal Wacana Pemilu Sistem Proporsional Tertutup, Waket MPR: Pernyataan Ketua KPU Sudah Tepat, Memiliki Dasar Hukum Acehzone.com

Pemilu

Soal Wacana Pemilu Sistem Proporsional Tertutup, Waket MPR: Pernyataan Ketua KPU Sudah Tepat, Memiliki Dasar Hukum