Home / Headline News

Sabtu, 10 September 2022 - 06:50 WIB

KONI Se-Sumatera Kumpul di Aceh, Pilih Ulang Tuan Rumah Porwil 2023 Karena Aceh Tak Siap

ACEHZONE.COM | BANDA ACEH – Para pimpinan KONI se-Sumatera berkumpul di Banda Aceh dalam rangka mengikuti kegiatan Rapat Koordinasi (Rakor) terkait pelaksanaan Pekan Olahraga Wilayah (Porwil) XI Tahun 2023.

“Ada beberapa keputusan yang telah ditetapkan dari hasil Rakor tersebut,” kata Sekretaris zumum (Sekum) KONI Aceh M Nasir Syamaun, Jum’at, 9 September 2022.

Keputusan Rakor yang digelar dari 6-7 September 2022 tersebut, kata M Nasir, telah dituangkan dalam sebuah Surat Keputusan (SK) yang ditandatangani 9 pimpinan KONI Provinsi se-Sumatera.

Keputusan tersebut antara lain, mekanisme pemilihan calon rumah Porwil XI Tahun 2023, serta merekomendasikan Provinsi Riau dan Sumatera Selatan (Sumsel) sebagai calon tuan rumah. Untuk penetapan calon tuan rumah akan dilaksanakan pada 20 September 2022, melalui mekanisme pemilihan dengan zoon meeting yang dilaksanakan oleh KONI Aceh.

Selain itu, Rakor juga merekom Provinsi Bengkulu dan Kepulauan Riau sebagai calon tuan rumah pengganti. Penetapannya akan dilakukan pada 4 Oktober 2022 yang juga melalui mekanisme pemilihan lewat zoon meeting, dengan catatan jika Riau dan Sumatera Selatan gagal ditetapkan sebagai Tuan Rumah Porwil 2023.

Ketua Umum KONI Aceh Muzakir Manaf dalam sambutannya sebelum membuka Rakor mengatakan, pelaksanaa forum koordinasi KONI se-Sumatera tersebut merupakan inisiasi dari KONI Aceh, berdasarkan arahan dari Ketua Umum KONI Pusat dan Pj Gubernur Aceh yang disampaikan pada pelantikan PB PON 2024 Aceh-Sumut Wilayah Aceh beberapa waktu lalu.

“Berdasarkan hasil pemilihan di Bengkulu tahun 2019, Aceh telah ditetapkan sebagai Tuan Rumah Porwil Tahun 2023. Namun berdasarkan perkembangan terkini, Ketua Umum KONI Pusat dan Pj Gubernur Aceh meminta kita (Aceh) untuk fokus pada percepatan persiapan PON XXI Tahun 2024,” kata Mualem, sapaan akrab Muzakir Manaf.

Baca Juga :  Ulama Aceh Keluarkan Fatwa Imbau Turis Ikuti Syariat Islam

Diputuskannya Aceh dan Sumatera Utara yang berhak atas tiket kelolosan langsung (wild card) untuk seluruh nomor pertandingan di PON 2024, menjadi salah satu pertimbangan agar Porwil 2023 sebagai ajang perebutan tiket PON 2024 untuk wilayah Sumatera sebaiknya diselenggarakan oleh provinsi lain.
BARIS IKLAN :
ITBOX Solusi Pintar Belajar Digital

Cara Menghasilkan Uang dari Internet Marketing

BARIS IKLAN :
Jasa Pengiriman Mobil ke Seluruh Indonesia

Belanja Online, PASTI MURAH

“Selain fokus pada persiapan percepatan penyelenggaraan PON 2024, saat ini Aceh juga sedang memacu persiapan Pekan Olahraga Aceh (PORA) yang akan dilaksanakan akhir November 2022,” Mualem.

“Mengingat waktu yang tersisa hanya dua tahun lagi, dan agar target sukses pelaksanaan tercapai maksimal, kami (Aceh) memutuskan untuk fokus pada percepatan persiapan PON 2024,” pungkas Mualem. Sebelumnya, KONI Aceh menyatakan akan menolak menjadi tuan rumah penyelenggaraan Pekan Olahraga Wilayah (Porwil) XI Sumatera 2023, mengingat hingga saat ini kesiapan daerah ini belum maksimal.

Hal itu disampaikan Wakil Ketua Umum I KONI Aceh Teuku Rayuan Sukma. Aceh terpilih menjadi tuan rumah PON XXI pada 2024 bersama Sumatera Utara (Sumut). Seiring dengan itu, kata dia, Aceh juga ditunjuk sebagai tuan rumah Porwil 2023, sehingga harus mempersiapkan segala kebutuhan seperti venue dan fasilitas lainnya. Namun, lanjut Rayuan Sukma, hingga saat ini pihaknya sedang mempersiapkan Aceh sebagai tuan rumah PON 2024, maka tidak siap menjadi tuan rumah Porwil Sumatera tahun depan.

Baca Juga :  Panglima Laot Aceh Kunjungi Nelayan India di Rumah Penampungan PSDKP Lampulo

Maka dengan ketidaksiapan ini, menurut dia, KONI Aceh mengusulkan penolakan Aceh sebagai tuan rumah Porwil Sumatera. “Artinya dalam pertemuan yang akan datang, yang membicarakan persoalan Porwil, maka Aceh ingin menyampaikan penolakan ini dan berharap ada daerah lain yang bisa menjadi tuan rumah penyelenggara,” katanya.

Dijelaskan dia, Porwil merupakan salah satu ajang pra kualifikasi PON. Mengingat Aceh dan Sumut menjadi tuan rumah bersama, maka atlet Aceh tidak perlu mengikuti Porwil atau pra kualifikasi, tetapi semua atlet dinyatakan lolos secara otomatis pada PON 2024.

“Hari ini Aceh dan Sumatera Utara, atletnya, semuanya tidak perlu ikut Porwil, pra kualifikasi PON, karena kita lolos wildcard, otomatis,” katanya. Rayuan Sukma berharap setelah Aceh menyampaikan penolakan nanti ada provinsi lain di Sumatera yang menyanggupi untuk menjadi tuan rumah Porwil Sumatera 2023.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Acehzone.com. Mari bergabung di Grup Telegram “Acehzone.com”, caranya klik link https://t.me/acehzone, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dahulu di ponsel.

Share :

Baca Juga

Elephant Day, Gajah Sumatra Nasibmu Kini Acehzone.com

Headline News

Elephant Day, Gajah Sumatra Nasibmu Kini
Pemanfaatan Digital Marketing Di Era Digitalisasi Acehzone.com

Aceh

Pemanfaatan Digital Marketing Di Era Digitalisasi
Kemenhub Restui Harga Tiket Pesawat Naik Acehzone.com

Headline News

Kemenhub Restui Harga Tiket Pesawat Naik
Pemkab Aceh Barat diminta stop izin pendirian Indomaret Acehzone.com

Headline News

Pemkab Aceh Barat diminta stop izin pendirian Indomaret
Tips Sukses Melakukan Social Media Marketing Acehzone.com

Headline News

Tips Sukses Melakukan Social Media Marketing
Selly Gabriella Terima Penghargaan Tertinggi PBB Acehzone.com

Headline News

Selly Gabriella Terima Penghargaan Tertinggi PBB
Warga Diminta Waspadai Cuaca Ekstrem di Agara Acehzone.com

Headline News

Warga Diminta Waspadai Cuaca Ekstrem di Agara
Target Kemenangan 2024 : Ratusan Kader Demokrat Aceh Belajar Softskill Dan Hardskill Acehzone.com

Headline News

Target Kemenangan 2024 : Ratusan Kader Demokrat Aceh Belajar Softskill Dan Hardskill