Home / Nusantara

Senin, 12 September 2022 - 20:10 WIB

Kemendikbudristek galang komitmen pulihkan sektor seni, kebudayaan

ACEHZONE.COM | MAGELANG – Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendikbudristek) menggalang komitmen untuk pemulihan sektor seni dan kebudayaan dunia melalui Pertemuan Pejabat Tinggi G20 di bidang kebudayaan di Magelang, Senin.

Kemendikbudristek RI bersama negara-negara anggota G20, negara-negara undangan khusus, dan organisasi internasional telah menyelenggarakan Pertemuan Pejabat Tinggi (Senior Official Meeting/SOM) G20 bidang kebudayaan yang ketiga di Borobudur, Magelang, Jawa Tengah.

Melalui pertemuan ini, Kemendikbudristek berhasil menyatukan komitmen negara G20 untuk memulihkan sektor seni dan kebudayaan dunia yang dituangkan dalam Chair’s Summary untuk disampaikan pada Pertemuan Tingkat Menteri bidang Kebudayaan pada
Selasa (13/9).

Direktur Jenderal Kebudayaan Kemendikbudristek selaku Koordinator Pertemuan Tingkat Pejabat Tinggi bidang Kebudayaan G20, Hilmar Farid mengapresiasi masukan, kontribusi, dan kerja sama para delegasi pada pertemuan terakhir pada Senin.

“Pada kesempatan ini saya ingin mengucapkan terima kasih atas kehadiran para delegasi negara G20, negara-negara undangan, dan organisasi internasional dan kontribusinya sejak Pertemuan Tingkat Pejabat Tinggi pertama hingga yang terakhir hari ini,” ucap Hilmar.

“Saya juga berterima kasih atas komitmen dalam menjaga semangat solidaritas untuk mencapai tujuan presidensi tahun ini, yaitu untuk pulih bersama, secara khusus di bidang kebudayaan,” lanjutnya.

Baca Juga :  Azyumardi Azra, Intelektual Muslim yang Dianugerahi Gelar Sir Oleh Ratu Inggris Elizabeth II

Melalui pertemuan itu, Kemendikbudristek berhasil mengajak dunia untuk bergotong-royong dalam mendorong penerapan praktik hidup berkelanjutan, serta mengeksplorasi dukungan bagi pelaku budaya yang terdampak pandemi melalui inisiatif Dana Global untuk Pemulihan Seni dan Budaya (Global Arts and Culture Recovery Fund/GACRF).

[masterslider id=”1″]

BARIS IKLAN :
ITBOX Solusi Pintar Belajar Digital

Cara Menghasilkan Uang dari Internet Marketing

“Negara-negara anggota G20 secara sukarela akan mengeksplorasi platform pendanaan ini yang harapannya akan menyediakan dukungan yang diperlukan untuk memulihkan sektor ekonomi budaya yang telah sangat terdampak oleh pandemi,” ujar Hilmar.

Para delegasi G20, negara undangan, dan organisasi internasional turut memberikan apresiasi dan dukungan terhadap pertemuan yang dipimpin oleh Kemendikbudristek pada Presidensi G20 bidang kebudayaan.

Salah satunya adalah delegasi dari Jerman, Head of Division International Cooperation on Cultural Affairs, Office of the Minister of State for Culture and the Media Christian Groni yang mengapresiasi Indonesia untuk mengangkat sektor kebudayaan dalam presidensi G20 tahun ini.

Baca Juga :  Rumah Kosong di Ulee Kareng Terbakar

“Saya ingin mengucapkan terima kasih sekali lagi kepada ketua presidensi G20 di bidang kebudayaan karena telah membawa inisiatif kebudayaan, yang dimulai oleh Arab Saudi dan Italia, dalam mengembangkan tren budaya dalam presidensi G20,” ucap Christian.

Apresiasi serupa juga disampaikan oleh delegasi dari Prancis Stéphane Dovert kepada presidensi Indonesia.

“Recover together, recover stronger adalah ambisi yang jelas dan kuat. Dalam konteks penanganan pandemi COVID-19, proses pemulihan bisa menjadi tantangan bagi masyarakat,” kata Dovert.

“Untuk itu, Prancis menyerukan perlunya aksi nyata bersama yang melibatkan jalur budaya dalam mencapai dunia yang lebih berkelanjutan dengan aspek keberagaman, kesetaraan, dan akses bagi semua orang kepada budaya,” ujarnya.

BARIS IKLAN :
Jasa Pengiriman Mobil ke Seluruh Indonesia

Belanja Online, PASTI MURAH

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Acehzone.com. Mari bergabung di Grup Telegram “Acehzone.com”, caranya klik link https://t.me/acehzone, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dahulu di ponsel.

Share :

Baca Juga

13 Pendemo di Aceh Barat di Amankan Polisi Acehzone.com

Nusantara

13 Pendemo di Aceh Barat di Amankan Polisi
Bustami Resmi di Lantik Sebagai Sekda Aceh Acehzone.com

Nusantara

Bustami Resmi di Lantik Sebagai Sekda Aceh
Mendagri Minta DPRK Usul Tiga Nama Calon Pj Bupati Aceh Tamiang Acehzone.com

Nusantara

Mendagri Minta DPRK Usul Tiga Nama Calon Pj Bupati Aceh Tamiang
Ibu Iriana Ajak Para Pendamping Pemimpin G20 Melihat Kearifan Lokal Indonesia Acehzone.com

G20

Ibu Iriana Ajak Para Pendamping Pemimpin G20 Melihat Kearifan Lokal Indonesia
Aksi Lanjutan Tolak BBM, 7 Ribu Buruh Akan Gereduk Istana 4 Oktober Acehzone.com

Nusantara

Aksi Lanjutan Tolak BBM, 7 Ribu Buruh Akan Gereduk Istana 4 Oktober
Teuku Riefky Dorong Pembenahan Banda Aceh Yang Lebih Baik Acehzone.com

Nusantara

Teuku Riefky Dorong Pembenahan Banda Aceh Yang Lebih Baik
Bantuan Modal Usaha Dari Baitul Mal Aceh, Berikut Syarat dan cara Daftar Acehzone.com

Bisnis

Bantuan Modal Usaha Dari Baitul Mal Aceh, Berikut Syarat dan cara Daftar
Kemkominfo Diingatkan Patuhi Keputusan MA Acehzone.com

Nusantara

Kemkominfo Diingatkan Patuhi Keputusan MA