Home / CEK FAKTA

Kamis, 26 Januari 2023 - 07:52 WIB

Hoaks: Penangkapan Pelaku Korupsi pada Penyertaan Modal

JAKARTA, ACEHZONE.COM – Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) memastikan bahwa informasi yang beredar di masyarakat terkait penangkapan pelaku korupsi pada penyertaan modal, yang menyebut keterlibatan salah satu kepala daerah adalah tidak benar atau hoaks.

Menurut keterangan tertulis, Rabu (25/1/2023), informasi yang beredar melalui media sosial Youtube itu mengutip sebagian pernyataan Pimpinan dan Juru Bicara KPK dengan beberapa latar visual terkait kegiatan KPK. Kemudian dirangkai dengan informasi lain sehingga membentuk narasi yang tidak benar. Konten itu juga disebarluaskan melalui aplikasi pesan dan diberitakan oleh beberapa portal berita online.

Baca Juga :  Diskominsa Aceh Evaluasi Tenaga Kontrak Optimalisasi Kinerja

KPK menyayangkan, kemajuan teknologi seharusnya dimanfaatkan untuk hal-hal yang positif. Media digital bisa mengambil peran untuk menyebarkan nilai-nilai antikorupsi kepada khalayak luas, bukan justru untuk memproduksi dan menyebarkan narasi-narasi hoaks yang kontraproduktif.

KPK tegas meminta kepada pihak-pihak tersebut untuk menghentikan aksinya menyebarkan informasi palsu. Terlebih menyalahgunakan pernyataan KPK yang dikutip secara parsial untuk menggiring opini publik yang keliru. Informasi seperti ini justru dapat menimbulkan provokasi di tengah-tengah masyarakat yang sedang gigih bersatu-padu memberantas korupsi di negeri ini.

Baca Juga :  [HOAKS] "Satu Anak 5 Miliar"

KPK mengajak masyarakat untuk selalu waspada dan menyaring setiap Informasi yang diterima, khususnya terkait pelaksanaan tugas pemberantasan korupsi oleh KPK. Masyarakat juga bisa mengkonfirmasinya langsung ke KPK melalui call centre 198.

Share :

Baca Juga

HOAKS - Tujuh Negara Siap Dukung Indonesia Melawan Australia Acehzone.com

CEK FAKTA

HOAKS – Tujuh Negara Siap Dukung Indonesia Melawan Australia
HOAKS : Mandi Air Hujan Mempermudah Kehamilan? Acehzone.com

CEK FAKTA

HOAKS : Mandi Air Hujan Mempermudah Kehamilan?
Beredar Video diduga berteriak "Nusantara Bangkit", "PKI Jaya" Acehzone.com

CEK FAKTA

Beredar Video diduga berteriak “Nusantara Bangkit”, “PKI Jaya”
[HOAKS] "Satu Anak 5 Miliar" Acehzone.com

CEK FAKTA

[HOAKS] “Satu Anak 5 Miliar”