Home / Nusantara

Jumat, 26 Agustus 2022 - 22:03 WIB

Haji Uma Laporkan Bimtek Luar Daerah Kuras Dana Desa ke Menkeu dan BPKP, Ini Tanggapan Sri Mulyani

ACEHZONE.COM | JAKARTA – Anggota Komite IV DPD RI asal Aceh, H. Sudirman atau Haji Uma melaporkan masalah pelaksanaan bimbingan teknis (bimtek) aparatur gampong ke luar daerah yang tengah jadi sorotan publik di Aceh kepada Menteri Keuangan RI serta Badan Pengawas Keuangan dan Pembangunan (BPKP).

Hal tersebut disampaikan senator asal Aceh tersebut dalam dua rapat kerja terpisah antara Komite IV DPD RI dengan Kementerian Keuangan serta BPKP di Gedung DPD RI, Kamis (25/8/2022).

“Perlu saya laporkan kepada Ibu Menteri, kami menerima banyak laporan selama masa reses di Aceh terkait penggunaan dana desa untuk kegiatan bimtek aparatur desa di luar daerah yang belum tentu bisa dipertanggungjawabkan, baik efektifitas hasil kegiatan maupun efisiensi anggaran.

Bahkan lebih cenderung hanya menguras dana desa yang mestinya digunakan untuk pembangunan desa”, ujar Haji Uma.

Haji Uma melanjutkan, aparatur desa menerima undangan bimtek dari sejumlah lembaga yang lokasi kegiatannya di luar Aceh dan ini terus berulang tiap tahun.

Penggunaan dana desa untuk kegiatan bimtek aparatur desa di luar daerah diperkirakan mencapai 50 juta setiap desa per tahunnya.

Di Aceh ada 6.516 desa dan jika dikalikan 50 juta per desa, maka dana desa yang dihabiskan untuk bimtek mencapai Rp 325,8 miliar/tahun.

Baca Juga :  Ketua DPRK Minta Konten Judi Online Diblokir, Ini Jawaban Kadis Kominfo Banda Aceh

Kemudian Haji Uma mensinyalir sejumlah oknum aparat ikut menunggangi dana desa.

Salah satunya dengan menjadi pendukung dibalik sejumlah lembaga bimtek agar aparatur desa ikut bimtek dimaksud.

Karena itu, Haji Uma meminta Menteri Keuangan serta instansi terkait lainnya untuk melakukan investigasi terkait permasalahan yang terjadi.

Karena hal ini besar kemungkinan tidak saja terjadi di Aceh, namun diseluruh Indonesia.

“Sejumlah oknum aparat di kabupaten/kota disinyalir ikut menunggangi dana desa, salah satunya menjadi pendukung dari sejumlah lembaga bimtek agar aparatur desa ikut sejumlah bimtek tersebut.

Karena itu, kementerian keuangan bersama lintas institusi terkait lainnya perlu melakukan investigasi terkait hal ini”, kata Haji Uma.

Menyikapi laporan Haji Uma, Menteri Keuangan RI, Sri Mulyani mengatakan akan berkoordinasi dan menyampaikan hal tersebut kepada lintas instansi lain agar dana desa digunakan semestinya untuk pembangunan di desa.

“Mengenai masalah yang disampaikan Pak Sudirman terkait pengunaan dana desa untuk kegiatan bimtek aparatur desa dan lainnya.

Nanti kita akan berkoordinasi dan menyampaikannya kepada instansi terkait lain untuk agar dana desa digunakan semestinya untuk pembambangunan di desa”, kata Sri Mulyani.

Sementara itu, pada kesempatan terpisah sebelumnya, masalah bimtek aparatur desa juga disampaikan Haji Uma juga dalam rapat kerja Komite IV DPD RI bersama Badan Pengawas Keuangan dan Pembangunan (BPKP RI) yang dilaksanakan pada Kamis (25/8/2022) pukul 09.00 – 2.30 WIB di Gedung DPD RI, Jakarta.

Baca Juga :  Haji Uma Soroti Kuota BBM Bersubsidi dan Dana Otsus Aceh dalam Rapat Kerja dengan Bappenas RI

Dalam raker dengan BPKP tersebut, selain masalah bimtek bagi aparatur desa, Haji Uma juga turut menyampaikan informasi terbaru yang diperolehnya dari masyarakat di Aceh Utara terkait adanya permintaan dana desa sebesar 15 juta per desa untuk pengadaan running text (teks berjalan) yang akan dipasang di gerbang gapura masing-masing desa.

“Informasi yang baru saja saya peroleh, di Kabupaten Aceh Utara muncul permintaan dana desa sebesar 15 juta dari suatu forum yang di belakangnya oknum aparat untuk pengadaan running text.

Apakah itu kebutuhan prioritas atau kepentingan pihak tertentu yang menunggangi dan mengambil untung dari dana desa?”, pungkas Haji Uma.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Acehzone.com. Mari bergabung di Grup Telegram “Acehzone.com”, caranya klik link https://t.me/acehzone, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dahulu di ponsel.

Ads –  Jasa Pengiriman Mobil ke Seluruh Indonesia

Baca : Belajar Buat Website Tanpa Coding

Baca : Mau jago Berbisnis Online via Whatshapp

Baca : Cara Menghasilkan Uang dari Internet Marketing

Share :

Baca Juga

BAP DPD RI Konsultasi Ke Kejati Aceh Acehzone.com

Aceh

BAP DPD RI Konsultasi Ke Kejati Aceh
Pergaulan Bebas Penyebab Maraknya Pernikahan Dini di Aceh Acehzone.com

Aceh

Pergaulan Bebas Penyebab Maraknya Pernikahan Dini di Aceh
Imlek di Rayakan di Berbagai Daerah, Kemarin Banjir Melanda Aceh Acehzone.com

Aceh

Imlek di Rayakan di Berbagai Daerah, Kemarin Banjir Melanda Aceh
Rekrutmen Pendamping Desa Tahun 2022 Acehzone.com

Nusantara

Rekrutmen Pendamping Desa Tahun 2022
Delapan Rumah Terbakar di Asrama PHB Lampriet Banda Aceh Acehzone.com

Nusantara

Delapan Rumah Terbakar di Asrama PHB Lampriet Banda Aceh
Pertamina Turunkan Harga Pertamax Acehzone.com

Nusantara

Pertamina Turunkan Harga Pertamax
Presiden: Biaya Haji Masih Proses Kajian Acehzone.com

Nusantara

Presiden: Biaya Haji Masih Proses Kajian
Forum PRB Aceh Minta Pemda Kabupaten Kota Tetapkan Status Bencana Acehzone.com

Aceh

Forum PRB Aceh Minta Pemda Kabupaten Kota Tetapkan Status Bencana