Home / Nusantara / Sejarah / Wisata

Sabtu, 22 Oktober 2022 - 08:05 WIB

Gelar Pekan Tari Gunongan, Disbudpar Aceh Ajak Pengunjung Telusuri Taman Bermain Permaisuri

ACEHZONE.COM | BANDA ACEH – Gunongan merupakan situs budaya peninggalan Kesultanan Aceh. Tapi kini, bangunan ikonik tersebut sudah banyak dilupakan oleh generasi muda Aceh.

Berada di tepi jalan utama, Gunongan merupakan bukti cinta Sultan Aceh kepada Permaisurinya. Bangunan ini merupakan tempat bermain permaisuri raja, yang diperkirakan berdiri antara 1607-1636.

Oleh karena itu, Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Disbudpar) Aceh akan mengelar Pekan Tari Gunongan di situs sejarah tersebut.

Pekan Tari Gunongan akan diselenggarakan selama dua hari, 22-23 Oktober 2022 di Taman Gunongan, Banda Aceh.

Para penari akan menampilkan ragam tari kreasi dengan latar belakang bangunan Gunongan. Tari-tari yang ditampilkan akan berkaitan dengan sejarah, fungei, dan cerita-cerita romantisme tantang Gunongan.

Kegiatan itu, akan diawali dengan opening Gunongan dance week, yang dilanjutkan dengan penampilan beberapa tari kreasi dari sanggar-sanggar yang ada di Aceh.

Dalam ajang tersebut, para pengunjung juga disuguhkan dengan kolaborasi pertunjukan seni rupa dan seni pertunjukan. Dalam upaya memberikan edukasi dan pengetahuan tentang ke-Acehan, kebudayaan, dan pertujukan tari.

Baca Juga :  Ramai-ramai Memperjuangkan Nasib Pegawai Honorer

Pekan Tari Gunongan juga akan diselingi dengan diskusi karya pra-pertunjukan. Kepala Dinas Kebudayaan Dan Pariwisata (Disbudpar) Aceh, Almuniza Kamal mengatakan, Pekan Tari Gunongan akan mengangkat salah satu dasar kebudayaan Aceh, berupa tarian.

Dalam kegiatan itu, nilai kekinian dan dasar budaya Aceh inilah yang dipadupadankan dengan beberapa kegiatan, seperti art dance dan pemanfaat ruang seperti halnya cagar budaya Gunongan yang menjadi lokasi kegiatan itu.

“Sehingga event Pekan Tari Gunongan akan memberikan nuansa-nuansa baru kepada masyarakat, dengan tidak menghilangkan roh ke-Acehan itu sendiri,” ujar Almuniza Kamal.

Ia berharap, kegiatan itu bisa memberikan dampak positif terhadap para generasi muda Aceh. Serta kebudayaan daerah dapat terus dilestarikan, meskipun ada yang berkembang dengan mengikuti zaman.

Sementara itu, Kepala Bidang Bahasa dan Seni Disbudpar Aceh, Nurlaila Hamjah mengatakan, dalam kegiatan tersebut akan banyak diisi dengan pementasan tari kreasi dari sanggar-sanggar di Aceh.

Tari kreasi yang ditampilkan akan berkaitan dengan gunongan, mulai sejarah, fungsi, hingga peran Gunongan pada zaman dahulu, hingga kini.

Baca Juga :  Cegah Sengketa, Aceh Pasang 10.077 Patok Bidang Tanah Di Seluruh Aceh

“Kegiatan akan diawali dengan penampilan opening berupa Gunongan Dance Week. Yang merupakan pertunjukan kreasi dengan melakukan pendekatan eksplorasi ruang di Gunongan,” katanya.

Selain itu, lanjut Nurlaila, gunongan sebagai cagar budaya yang memiliki sejarah panjang di Aceh, kini sudah luput dari perhatian generasi muda di Aceh.

“Sehingga melalui kegiatan itu, diharapkan para generasi muda akan semakin mengenal sejarah gunongan dan tari-tarian kreasi di Aceh,” ungkapnya.

Ia merincikan, ada sejumlah sanggar yang akan tampil dalam Pekan Tari Gunongan, yaitu Sanggar Geunaseh dengan tari zapin, Keumala Intan dengan tari meusare-sare, Geunta Nanggroe dengan tari canang trieng, Sanggar Buana dengan tari seudati.

Lalu, ada Wondelust dengan tari kreasi, lalu penampilan tari kontemporer cambuk, oblivate dance, sisir tengah ensamble musik, ADT, FADCO, hingga atraksi apin uin ang opening art.

“Kegiatan tersebut menjadi ajang pelestarian budaya dan edukasi kepada generasi Aceh mengenai tarian dasar dan kreasi,” imbuhnya.

Share :

Baca Juga

Dokter Ingatkan Permainan Lato-lato Bukan untuk Balita Acehzone.com

Nusantara

Dokter Ingatkan Permainan Lato-lato Bukan untuk Balita
Yuk Wisata ke Aceh, Sabang Menjadi Primadona Acehzone.com

Travel

Yuk Wisata ke Aceh, Sabang Menjadi Primadona
Space20 manfaatkan teknologi antariksa atasi dampak perubahan iklim Acehzone.com

Nusantara

Space20 manfaatkan teknologi antariksa atasi dampak perubahan iklim
FJL Desak Polda Aceh Usut Perambah Hutan Ilegal Acehzone.com

Lingkungan

FJL Desak Polda Aceh Usut Perambah Hutan Ilegal
2.440 KK Terdampak Banjir Di Sergai Acehzone.com

Nusantara

2.440 KK Terdampak Banjir Di Sergai
DPRA Sepakat Desak Pemerintah Indonesia Turunkan Harga Minyak Acehzone.com

Nusantara

DPRA Sepakat Desak Pemerintah Indonesia Turunkan Harga Minyak
Demo Tolak Harga BBM Naik di DPR Sempat Ricuh Acehzone.com

Nusantara

Demo Tolak Harga BBM Naik di DPR Sempat Ricuh
Pemkab Lumajang Tetapkan Masa Tanggap Darurat Erupsi Semeru Selama 14 hari Acehzone.com

Nusantara

Pemkab Lumajang Tetapkan Masa Tanggap Darurat Erupsi Semeru Selama 14 hari