Home / Kuliner

Senin, 16 Januari 2023 - 07:54 WIB

Festival Kuliner Aceh Digelar di Bogor

BOGOR, ACEHZONE.COM – Festival kuliner Aceh untuk Indonesia dimeriahkan dengan lomba memasak Kuah Beulangong, digelar di Kampung Abdi, Sentul-Bogor Jawa Barat, Minggu (15/1/2023).

Jika sebelumnya, festival kuliner Aceh menghadirkan berbagai jenis masakan khas Aceh, namun kali ini Kuah beulangong menjadi primadona. Festival tersebut diikuti koki-koki andal asal Aceh yang kini berada di se-Jabodetabek.

Nasruddin atau lebih akrab dipanggil Nyak Din Gajah, asal Pidie Jaya kepada media ini kemarin menyebutkan, bahwa ia sengaja datang ke Bogor untuk mengikuti even tersebut.

Menurut Nyak Din, ada 20 buah beulangong yang artinya 20 orang peserta yang mengikuti lomba dimaksud. “Kecuali saya datang khusus dari Pidie Jaya, 19 peserta lainnya warga Aceh se-Jabodetabek,”imbuh Nyak Din.

Jenderal (Purn) Fachrul Razi asal Aceh yang pernah menjabat Gubernur Akmil hingga Kasum dan juga Menteri Agama yang ikut hadir pada acara lombat, lanjut Nyak Din, festival tersebut merupakan kabar baik bagi para pencinta masakan Aceh.

Baca Juga :  Pergaulan Bebas Penyebab Maraknya Pernikahan Dini di Aceh

Beliau menilai bahwa kuah beulangong bukan sekedar masakan yang terkenal, namun juga rasanya oke banget dan menyehatkan badan karena bumbunya lengkap.

“Oleh karena itu, saya orang Aceh dan sangat menyukai makanan Aceh mengajak teman-teman sekalian di Bogor ini untuk berpartisipasi sekaligus ikut menikmati kuah beulangong,” ucap Fachrurrazi sebagaimana ditiru Nyak Din.

Ditambahkan juga, yang penting datang untuk meramaikan dan melihat proses atau cara memasak sekaligus nanti kita menikmati secara bersama-sama, timpalnya lagi.

Ajakan yang sama juga disampaikan Gousta Feriza, Ketua Umum Pengurus Pusat Purna Paskibra Indonesia (PPI). Ia mengajak semua masyarakat Aceh yang ada di Jakarta, Bogor, Tangerang, Bekasi dan sejumlah kota sekitarnya untuk ikut memeriahkan festival yang tergolong istimewa.

Baca Juga :  Sejumlah Rumah Warga Kabupaten Kepulauan Tanimbar Rusak Akibat Gempa M7,5

“Mari kita ikut meramaikan Festival Kuliner Aceh d Sentul-Bogor,” pinta Gousta Ferisal sehari menjelang acara tersebut.

Kepada Rakyat Aceh, Nyak Din juga menambahkan, bahwa festival tersebut mendapat sambutan baik dari sejumlah tokoh di Jabar. Mulai dari Ridwan Kamil, Gubernur setempat, Aktor Teuku Johan hingga kemedian Gilang Bhaskara dan Boris Bokir.

“Kuliner Aceh Kuah Beulangong bisa menjadi salah satu destinasi kuliner unggulan Indonesia dalam meningkatkan kerjasama budaya antara Aceh dan Jawa Barat,” ujar kang Emil , sapaan akrab untuk Gubernur Jabar.

Share :

Baca Juga

Tentang Memek, Makanan Khas Simeulue yang Jadi WBTB Acehzone.com

Kuliner

Tentang Memek, Makanan Khas Simeulue yang Jadi WBTB