Home / Nusantara

Rabu, 24 Agustus 2022 - 06:45 WIB

Buruh Ancam Gelar Demo Sampai Mogok Masal Jika Harga BBM Subsidi Naik

ACEHZONE.COM | JAKARTA – Konfederasi Serikat Pekerja Indonesia (KSPI) mengancam akan menggelar aksi unjuk rasa serentak di 34 provinsi dan mogok nasional jika Jokowi menaikkan harga bahan bakar minyak (BBM) subsidi jenis pertalite dan solar.

Presiden KSP Said Iqbal mengatakan, unjuk rasa itu rencananya dilakukan awal September.

“Kami akan melakukan demo di 34 provinsi, 440 kabupaten/kota untuk menolak kenaikan BBM dan Omnibus Law awal September 2022. Mogok nasional juga akan dilakukan apabila ada pemaksaan,” kata Said, Selasa (23/8/2022).

Mengakui, jika harga BBM dinaikkan, hidup buruh akan semakin berat, karena gara-gara Omnibus Law UU Cipta Kerja, pada tahun ini upah hanya naik 1%, sementara inflasi sudah 49%.

Ia meyakini, jika BBM subsidi dinaikkan, inflasi atau kenaikkan harga barang kebutuhan akan melejit, tembus 6,5%.

“Kenaikan harga BBM akan mengakibatkan inflasi yang tajam, dan harga pertalite yang katanya dipatok Rp10 ribu akan membuat inflasi tembus di angka 6,5%. Sekarang inflasi sudah 4,9%,” katanya.

Ia memastikan bahwa lejitan inflasi akibat kenaikan harga BBM subsidi akan membuat saya beli masyarakat, khususnya buruh, terkubur. Apalagi karena sudah tiga tahun berturut-turut buruh pabrik tidak naik upah minimumnya.

Baca Juga :  Rusuh di PT GNI Morowali Utara: 2 Pekerja Lokal dan 1 Asing Tewas

“Kenaikan harga BBM yang tidak diimbangi dengan kenaikan upah sampai 5 tahun mendatang karena Omnibus Law, itu akan membuat daya beli terpuruk, anjlok 50% lebih. Kami pro subsidi dan jaminan sosial,” jelasnya.

Ia juga mengingatkan kalau kenaikan harga BBM dapat memicu kenaikan harga barang-barang yang dapat berujung pada risiko pemutusan hubungan kerja (PHK) karena perusahaan akan memangkas biaya operasionalnya.

“PHK akan terjadi di mana-mana,” katanya.
Ia menilai, tindakan Presiden Jokowi membandingkan harga BBM di dalam negeri dengan di luar negeri, tidak tept. Apalagi jika tanpa melihat income per kapita di Indonesia dengan di negara-negara itu.

Said juga menilai, tidak tepat jika alasan pemerintah menaikkan BBM subsidi dikaitkan dengan isu lingkungan, karena hingga kini industri besar masih memakai batu bara dan diesel.

“Jadi, (alasan) ini hanya akal-akalan saja untuk menaikkan BBM,” tegasnya.
Said bahkan mengingatkan kalau saat ini ada 120 juta pengguna motor dan angkutan umum yang merupakan kelas menengah ke bawah, dan sangat rentan terimbas kenaikan harga BBM.

Baca Juga :  Kata Presiden, Penangkapan Lukas Enembe sesuai Proses Hukum di KPK

Seperti diketahui, isu kenaikan harga BBM subsidi makin kencang setelah Menko Kemaritiman dan Investasi Luhut Panjaitan bahkan mengatakan kalau kemungkinan besar Presiden Jokowi mengumumkan kenaikan harga BBM jenis pertalite dan solar pada pekan ini.

Menurutnya, kenaikan dilakukan karena beban APBN untuk menanggung subsidi energi termasuk BBM tahun ini melonjak jadi Rp502 triliun akibat lonjakan harga minyak.

Namun, Jokowi usai memberikan pengarahan kepada Kadin se-Indonesia masih belum memberikan gambaran pasti kapan kenaikan akan dilakukan.

Menurutnya, pemerintah harus berhatii-hati dalam memutuskan kebijakan harga BBM supaya tidak membebani masyarakat dan pertumbuhan ekonomi.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Acehzone.com. Mari bergabung di Grup Telegram “Acehzone.com”, caranya klik link https://t.me/acehzone, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dahulu di ponsel.

Share :

Baca Juga

Berastagi Kembangkan Model Sirkular Ekonomi Melalui Pengelolaan Sampah Acehzone.com

Nusantara

Berastagi Kembangkan Model Sirkular Ekonomi Melalui Pengelolaan Sampah
Kuota Haji Aceh 4.393 Acehzone.com

Aceh

Kuota Haji Aceh 4.393
Bandara SIM Tak Ada Izin Berangkatkan Jamaah Umrah, Terpaksa Terbang Melalui Medan Acehzone.com

Nusantara

Bandara SIM Tak Ada Izin Berangkatkan Jamaah Umrah, Terpaksa Terbang Melalui Medan
HKSN 2022 Mendorong Terwujudnya Cita-Cita Indonesia Acehzone.com

Nusantara

HKSN 2022 Mendorong Terwujudnya Cita-Cita Indonesia
Polri Buka Pendaftaran Sekolah Inspektur Polisi Sumber Sarjana Acehzone.com

Nusantara

Polri Buka Pendaftaran Sekolah Inspektur Polisi Sumber Sarjana
Jalan Lintas Kecamatan di Aceh Utara Rusak Parah Acehzone.com

Nusantara

Jalan Lintas Kecamatan di Aceh Utara Rusak Parah
Banjir Bandang di Aceh Tenggara, Dua Orang Meninggal Dunia Acehzone.com

Haba Bencana

Banjir Bandang di Aceh Tenggara, Dua Orang Meninggal Dunia
Ini Kronologi Penangkapan Gubernur Papua Lukas Enembe dari Ketua KPK Acehzone.com

Nusantara

Ini Kronologi Penangkapan Gubernur Papua Lukas Enembe dari Ketua KPK