Home / Nusantara

Senin, 14 November 2022 - 09:06 WIB

BNPB Gelar TTX Hadapi Potensi Bencana Hidrometeorologi

Foto: dok. BNPB

Foto: dok. BNPB

ACEHZONE.com | JAKARTA – Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) melalui Direktorat Kesiapsiagaan mengadakan Table Top Exercise (TTX) atau Gladi Ruang menghadapi potensi bencana hidrometeorologi di Buperta Cibubur, Cimanggis, Depok, Jawa Barat pada Selasa (8/11/2022).

Direktur Kesiapsiagaan BNPB Pangarso Suryotomo mengatakan, TTX sebagai upaya mengetahui skenario apa yang akan dilakukan dalam simulasi maupun saat terjadinya bencana.

“Malam ini gladi ruang, dicoba apa yang kita sudah susun dan berbagi tugas antara pemda, lembaga, media, relawan dan masyarakat, salah satunya kita uji skenario untuk besok, Rabu (9/11/2022) dipraktekkan di lapangan,” kata Pangarso, Rabu (9/11/2022).

TTX itu menjadi penting, untuk mengetahui sejauh mana kapasitas dan kemampuan para pemangku kebijakan dalam penanganan bencana.

“Sebagai pelaku kebencanaan harus memastikan kemampuan dasar personal dan uji kompetensi pemahaman, mempraktekan dan mengambil keputusan penanganan saat simulasi,” ujarnya.

Pembagian tugas atau klaster kali ini disesuaikan dengan kondisi di lapangan saat bencana, tidak lagi berdasarkan lembaga dan institusi masing-masing, namun sudah disatukan sesuai klaster kebencanaan.

Baca Juga :  Cara Menyaksikan dan Dampak dari Hari Tanpa Bayangan?

“Ada klaster yang diikuti semua lembaga, tujuannya jika ada hilang satu klaster akan terlihat tidak berjalan dengan baik,” pungkas Pangarso.

TTX itu diselenggarakan sebagai salah satu rangkain kegiatan Apel Kesiapsiagaan dan Simulasi Penanganan Bencana Banjir.

Sementara itu, Asisten Deputi Bidang Kedaruratan dan Manajemen Pasca Bencana Kementerian Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Kemenko PMK) Nelwan Harahap menyatakan, sesuai arahan Menko PMK memasuki akhir tahun Indonesia akan berada pada level tertinggi musim hujan. 80 persen lebih tinggi dari pada musim hujan normal, oleh karena itu perlu adanya upaya meningkatkan kesiapsiagaan.

“Agar segera melakukan gladi kesiapsiagaan menghadapi bencana dengan keterlibatan kolaborasi pentaheliks. Bencana itu pasti, kesiapsiagaan kita menghadapinya itu merupakan harapan terakhir dari masyarakat untuk selamat,” papar Nelwan.

“Dengan adanya kesiapsiagaan dari semua unsur, masyarakat akan merasa tenang dan terlindungi dengan adanya upaya perlindungan maksimal. Kita juga harus memahami dan mengenali sebesar apa ancaman dan upaya menghadapinya,” lanjutnya.

Baca Juga :  Diklat Lemhannas bagi Pemerintah Aceh Berakhir

Direktur Managemen Penanggulanan Bencana dan Kebakaran Kementerian Dalam Negeri Edy Suharmanto menjelaskan, merespon adanya potensi cuaca ekstrem dengan mengeluarkan Surat Mendagri kepada seluruh pemerintah daerah untuk melakukan langkah-langkah peningkatan kesiapsiagaan.

“Menindaklanjuti dengan mengeluarkan Surat yang langsung ditandatangani Mendagri kepada seluruh gubernur, bupati dan walikota, terkait antisipasi adanya bencana untuk melakukan antara lain pemetaan rawan bencana, melakukan simulasi tanggap bencana dan membentuk posko kesiapan penanganan bencana,” ujar Edy.

Guna meningkatkan kesiapsiagaan dan menindaklanjuti adanya potensi bencana yang disebabkan oleh cuaca ekstrem, BNPB, Kemenko PMK dan pemerintah daerah terkait akan mengadakan apel kesiapsiagaan personel dan peralatan, serta simulasi penanganan banjir.

Kegiatan itu diikuti oleh seluruh pemerintah daerah, pemangku kebijakan dan relawan yang wilayahnya berpotensi terdampak bencana yang disebabkan cuaca ekstrem, yang dilakukan secara tatap muka maupun virtual pada Rabu (9/11/2022).

Sumber : Infopublik.id

Share :

Baca Juga

Forum PRB Aceh dan BPBA Perkuat Sosialisasi Mitigasi Bencana Acehzone.com

Nusantara

Forum PRB Aceh dan BPBA Perkuat Sosialisasi Mitigasi Bencana
Akibat Banjir di Aceh Utara, 18.160 Jiwa Mengungsi Acehzone.com

Lingkungan

Akibat Banjir di Aceh Utara, 18.160 Jiwa Mengungsi
Polri Buka Pendaftaran Sekolah Inspektur Polisi Sumber Sarjana Acehzone.com

Nusantara

Polri Buka Pendaftaran Sekolah Inspektur Polisi Sumber Sarjana
PA 212 Cs Aksi 411 di Dekat Istana Hari Ini, Suarakan Desakan Tritura Acehzone.com

Nusantara

PA 212 Cs Aksi 411 di Dekat Istana Hari Ini, Suarakan Desakan Tritura
Aceh Tengah di Landa Banjir, Akibat di Guyur Hujan Deras Acehzone.com

Lingkungan

Aceh Tengah di Landa Banjir, Akibat di Guyur Hujan Deras
BMKG: Aceh Berpotensi Diguyur Hujan hingga 2 Hari Kedepan Acehzone.com

Aceh

BMKG: Aceh Berpotensi Diguyur Hujan hingga 2 Hari Kedepan
Resmi Ditutup Ratusan Peserta Berharap Local Media Summit Digelar Tahunan Acehzone.com

Nusantara

Resmi Ditutup Ratusan Peserta Berharap Local Media Summit Digelar Tahunan
Jurnalis Aceh Barat Ramai-ramai Surati Pj Bupati Acehzone.com

Nusantara

Jurnalis Aceh Barat Ramai-ramai Surati Pj Bupati