Home / Nusantara

Selasa, 1 November 2022 - 18:11 WIB

BNPB dan BPBA melaksanakan pelatihan Penyusunan Kajian Risiko Bencana(KRB)

ACEHZONE.COM | BANDA ACEH – Sebagai upaya membangun kapasitas penanggulangan bencana khususnya bidang pencegahan dan kesiapasiagaan maka dibutuhkan suatu kemampuan dan kapasitas teknis dalam menyusun dokumen kajian risiko bencana atau dikenal dengan istilah KRB.

Dokumen KRB ini sangat penting untuk disusun oleh masing-masing daerah kabupaten/kota di Aceh, karena dokumen ini menjadi acuan dalam menyusun dokumen Rencana Penanggulangan Bencana (RPB), yang diikuti dengan dokumen lanjutan seperti Dokumen Rencana Pengulangan Kedaruratan Bencana (RPKB) dan penyusun rencana kontijensi (Renkon).

Dokumen KRB, RPB, RPKB dan Renkon ini adalah milik daerah bukan milik BPBD, karena dalam penyusunan dokumen ini melibatkan Lintas sektor, baik organisasi perangka daerah (SKPD), TNI, Polri, Basarnas, dan organisasi non pemerintah atau melibatkan unsur yang ada pada pentaheliks, sehingga keberadaan dokumen ini begitu strategis dalam meningkatkan indeks kapasitas daerah (IKD) dalam penanggulangan bencana.

Mengingat pentingnya kapasitas SDM dalam penyusunan dokumen KRB ini maka BNPB bersama BPBA melakukan Pelatihan Penyusunan Kajian Risiko Bencana.

Kegiatan ini melibatkan peserta dari unsur Kodam IM, Polda Aceh, Bappeda Provinsi Aceh, Bappeda Banda Aceh, BPBD dari Kabupaten Aceh Selatan, Pidie, Lhokseumawe, Aceh Tengah, Simeulue, Dinas Sosial Aceh, Dinas Pendidikan Aceh, Dinas Kesehatan Aceh, Dinas PUPR Aceh, Perkim Aceh, DLHK Aceh, Dishub Aceh, Satpol PP dan WH Aceh, DPMG Aceh, Dinas Pengairan Aceh, Kantor SAR Banda Aceh, TDMRC USK, Prodi Magister Kebencanaan USK, Forum PRB Aceh, PMI Aceh, dan RAPI Aceh.

Kepala Pelaksana BPBA melalui Kasie Kesiapsiagaan, Fazli, SKM, M.Kes, mengungkapkan bahwa “Arahan dari Kepala Pelaksana dalam Pembukaan Kegiatan yang berlangsung dari tanggal 1 hingga 3 November 2022 mempunyai keluaran agar Kapasitas BPBA dan BPBD Kabupaten/Kota serta instansi terkait dalam penanggulangan bencana termasuk Forum PRB serta organisasi non pemerintah terkait benaca untuk mampu menyusun Kajian Risiko Bencana berbasis daerah”.

Hasan Dibangka ketua Forum PRB Aceh, menambahkan “Pengetahuan teknis dalam menyusun dokumen Kajian Risiko Bencana (KRB) sangat dibutuhkan daerah kabupaten /kota karena tidak semua daerah kabupaten /kota memiliki dokumen KRB karena keterbatasan kapasitas SDM, sehingga kegiatan pelatihan ini sangat relevan bagi wilayah Aceh”.

“tinggal kedepannya ada upaya dari daerah untuk menindak lanjuti dengan penyusunan dokumen KRB di masing-masing Kabupaten /Kota dengan melibatkan para pihak baik Pemerintah daerah maupun non pemerintah” pungkasnya.

Share :

Baca Juga

Demo Tolak Kenaikan Harga BBM Bakar Ban di Depan DPRA Acehzone.com

Nusantara

Demo Tolak Kenaikan Harga BBM Bakar Ban di Depan DPRA
Penjabat Gubernur Aceh Saksikan Perjanjian Kerja Sama Wilayah Kerja OSWA & ONWA Acehzone.com

Nusantara

Penjabat Gubernur Aceh Saksikan Perjanjian Kerja Sama Wilayah Kerja OSWA & ONWA
Remaja di Aceh Utara tewas disambar petir Acehzone.com

Nusantara

Remaja di Aceh Utara tewas disambar petir
Jalan Banda Aceh-Medan Kembali Bisa Dilalui Acehzone.com

Aceh

Jalan Banda Aceh-Medan Kembali Bisa Dilalui
Mukhlis Takabeya Serahkan Kursi Roda Untuk Warga Peusangan Acehzone.com

Nusantara

Mukhlis Takabeya Serahkan Kursi Roda Untuk Warga Peusangan
Bulan Bintang Berkibar di Makam Malikussaleh, Milad di Aceh Timur di Hadiri DPRA Acehzone.com

Nusantara

Bulan Bintang Berkibar di Makam Malikussaleh, Milad di Aceh Timur di Hadiri DPRA
Di Bireuen, Penipuan Melalui WA Resahkan Masyarakat Acehzone.com

Nusantara

Di Bireuen, Penipuan Melalui WA Resahkan Masyarakat
Aksi 4 Desember di Banda Aceh di Bubarkan Petugas Acehzone.com

Nusantara

Aksi 4 Desember di Banda Aceh di Bubarkan Petugas