Home / Aceh / Kota Lhokseumawe

Rabu, 18 Januari 2023 - 08:48 WIB

BMKG ingatkan potensi angin kencang di perairan Selat Malaka

Dokumentasi - Pengamatan cuaca melalui citra satelit oleh prakirawan di Stasiun BMKG Bandar Udara Cut Nyak Dhien Nagan Raya, Provinsi Aceh. Foto : ANTARA

Dokumentasi - Pengamatan cuaca melalui citra satelit oleh prakirawan di Stasiun BMKG Bandar Udara Cut Nyak Dhien Nagan Raya, Provinsi Aceh. Foto : ANTARA

LHOKSEUMAWE, ACEHZONE.COM – Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Stasiun Malikussaleh Lhokseumawe, Aceh, mengingatkan potensi angin kencang yang mencapai 30 kilometer per jam di perairan Selat Malaka dalam beberapa hari ke depan.

“Angin kencang berpotensi melanda wilayah perairan Selat Malaka untuk beberapa hari ke depan dengan kecepatan mencapai 30 kilometer per jam,” kata Prakirawan BMKG Stasiun Malikussaleh Febrianto di Lhokseumawe, Selasa.

Menurut Febrianto, angin kencang tersebut mengakibatkan terjadinya peningkatan gelombang laut yang mencapai dua meter. Gelombang dengan ketinggian dua meter tersebut berbahaya bagi pelayaran.

Oleh karena itu, Febrianto mengimbau nelayan maupun pelaku pelayaran mewaspadai dampak yang ditimbulkan angin kencang tersebut. Jika pun berlayar, lengkapi dengan alat komunikasi dan pelayaran.

Baca Juga :  Pemanfaatan Digital Marketing Di Era Digitalisasi

“Kecepatan angin mencapai 30 kilometer per jam tersebut tidak tergolong ekstrem, namun berbahaya untuk aktivitas di laut. Kami meminta nelayan untuk menunda aktivitas di laut untuk beberapa hari ke depan,” katanya.

Sedangkan angin di darat, kata Febrianto, berdasarkan pantauan citra satelit, masih tergolong normal dengan kecepatan maksimal mencapai 18 kilometer per jam.

Selain angin, kata Febrianto, cuaca di Kota Lhokseumawe dan sekitarnya diprediksi terjadi hujan dengan intensitas ringan hingga sedang pada sore hingga malam hari. Namun tetap diwaspadai hujan disertai angin kencang dan petir.

Baca Juga :  Jalan Banda Aceh-Medan Kembali Bisa Dilalui

“Saat ini masih dalam musim penghujan dan diprediksi akan berakhir pada akhir Januari 2023. Sementara, untuk musim panas diperkirakan akan terjadi pada pertengahan Februari 2023,” katanya.

Terkait potensi gempa di wilayah timur Aceh, kata Febrianto, masih berkemungkinan terjadinya gempa, mengingat status sesar atau patahan di Lhokseumawe masih dalam kondisi aktif.

“Kemungkinan gempa susulan setelah awal Januari 2023, Kota Lhokseumawe diguncang gempa. Jadi, gempa susulan masih berpotensi ada karena status sesarnya masih aktif hingga saat ini.,” kata Febrianto.

Share :

Baca Juga

Smart On Brilliant ke 10 SMAN Unggul Aceh Selatan Dibuka Acehzone.com

Aceh

Smart On Brilliant ke 10 SMAN Unggul Aceh Selatan Dibuka
DPRA Laporkan Bawaslu RI ke Ombusman Terkait Rekrutmen Panwaslih Aceh Acehzone.com

Aceh

DPRA Laporkan Bawaslu RI ke Ombusman Terkait Rekrutmen Panwaslih Aceh
BMKG : Update Peringatan Dini Cuaca Wilayah Aceh Acehzone.com

Aceh

BMKG : Update Peringatan Dini Cuaca Wilayah Aceh
Kasus Kekerasan Seksual di Aceh Utara Meningkat Acehzone.com

Aceh

Kasus Kekerasan Seksual di Aceh Utara Meningkat
Lima Kecamatan Padam Aliran Listrik Acehzone.com

Aceh

Lima Kecamatan Padam Aliran Listrik
Pemko Lhokseumawe Lakukan Upaya Pengurangan Stunting Sejak 2022 Acehzone.com

Aceh

Pemko Lhokseumawe Lakukan Upaya Pengurangan Stunting Sejak 2022
Petani di Aceh bakal diberi kartu tani Acehzone.com

Aceh

Petani di Aceh bakal diberi kartu tani
Banjir di Bireuen, Ratusan Warga Mengungsi Acehzone.com

Aceh

Banjir di Bireuen, Ratusan Warga Mengungsi