Header web MDJ (1166 × 390 piksel)
Header Web ACI (1166 × 390 piksel)
Acehzone.com (1166 × 390 piksel)
previous arrow
next arrow

Home / Nusantara / Teknologi

Sabtu, 12 November 2022 - 07:54 WIB

BKPSDM Aceh Tamiang Luncurkan Sikepo

Bupati Aceh Tamiang, Mursil saat meresmikan peluncuran aplikasi Sistem Kepegawaian Online (Sikepo) pada Jum’at (11/11) di aula SKB Karang Baru.

Bupati Aceh Tamiang, Mursil saat meresmikan peluncuran aplikasi Sistem Kepegawaian Online (Sikepo) pada Jum’at (11/11) di aula SKB Karang Baru.

ACEHZONE.com | KUALA SIMPANG – Badan Kepegawaian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BKPSDM) Kabupaten Aceh Tamiang meluncurkan Sistem Kepegawaian Online (Sikepo). Program tersebut dalam upaya memudahkan berbagai proses administrasi bagi Aparatur Sipil Negara (ASN).

Peluncuran aplikasi Sikepo yang berlangsung pada Jumat (11/11) di aula SKB Karang Baru langsung diresmikan oleh Bupati Aceh Tamiang, Mursil didampingi Wakil Bupati, T Insyafuddin yang disaksikan juga oleh Sekretaris Daerah, Asra Kepala BKPSDM Muhammad Mahyaruddin serta para kepala OPD serta unsur Forkopimda Aceh Tamiang dan Kepala BKN Perwakilan Aceh.

Bupati Aceh Tamiang, Mursil dalam sambutannya menyampaikan apresiasi kepada BKPSDM yang telah berinovasi membuat Aplikasi Sistem Kepegawaian Online (Sikepo) Kabupaten Aceh Tamiang. “ Aplikasi ini memiliki segudang manfaat bagi ASN untuk mewujudkan yang diinisiasi pemerintah, dimana di dalamya mencakup pengelolaan ASN yang profesional, akuntabel, dan transparan,” ujarnya.

Baca Juga :  Masyarakat Aceh Tamiang Harus Lebih Disiapkan Menghadapi Bencana

Dikatakannya, Sikepo merupakan instrumen wajib digunakan oleh seluruh ASN yang bertugas di lingkungan Pemerintah Kabupaten Aceh Tamiang, aplikasi ini dibangun berdasarkan UU nomor 5 Tahun 2014 tentang ASN, Peraturan Pemerintah dan Peraturan Menteri. “ Kami kira ini yang menjadi dasar pemikiran mengapa aplikasi Sikepo ini dirancang, sehingga segala urusan menjadi lebih mudah, efektif dan efisien yang bermuara pada peningkatan kinerja dan kesejahteraan pegawai,” terang Mursil.

Dijelaskannya, Sikepo merupakan aplikasi berbasis web yang digunakan pemerintah untuk mengelola PNS, mulai dari mengelola kehadiran, kinerja, prestasi, administrasi hingga tunjangan pegawai, aplikasi ini melakukan pendataan secara elektronik sehingga PNS tidak perlu lagi memasukkan data secara manual, aplikasi ini juga melakukan penilaian berdasarkan data pegawai yang terdapat dalam sistem informasi kepegawaian.

Di samping itu pula, Bupati Mursil mengemukakan bahwa penggunaan aplikasi Sikepo Pemerintah Kabupaten ini sangat ramah lingkungan yang dibuktikan dengan perlahan beralih ke bebas kertas. “ Sebenarnya dari awal saya menjabat sebagai Bupati Aceh Tamiang reformasi birokrasi telah kita lakukan,” ungkapnya.

Baca Juga :  4 Kabupaten di Aceh Dilanda Banjir

Namun, dalam pelaksanaan reformasi birokrasi ini ada juga rintangan, artinya ada goncangan-goncangan kecil terhadap dirinya sebagai Bupati saat melakukan reformasi birokrasi, terutama bagi yang merasa dirugikan. “ Tapi dalam perjalanan hantaman-hantaman itu mulai meredup setelah kita berikan Tambahan Penghasilan Pegawai (TPP), bahkan TPP Aceh Tamiang paling besar untuk Aceh,” tegas Mursil lagi.

Dalam kesempatan itu, Bupati Aceh Tamiang, Mursil mengharapkan dengan adanya aplikasi Sikepo ini sehingga dapat memberikan kemudahan bagi ASN untuk memperoleh informasi kepegawaian dan mempermudah dalam mengurus seluruh urusan terkait kepegawaian, serta upaya strategis pada peningkatan kinerja maupun kesejahteraan pegawai yang ada di Bumi Muda Sedia.

Sumber : Waspada.id

Share :

Baca Juga

Tenaga Pendidik di Aceh Ikuti Program Pengurangan Risiko Bencana Acehzone.com

Aceh

Tenaga Pendidik di Aceh Ikuti Program Pengurangan Risiko Bencana
BMKG: Waspada Gelombang Air Laut Lebih dari 2,5 Meter di Perairan Selatan Jatim Acehzone.com

Nusantara

BMKG: Waspada Gelombang Air Laut Lebih dari 2,5 Meter di Perairan Selatan Jatim
Pansus Perizinan IUP dan HGU Bakal Turun ke Lokasi Pencemaran Limbah PT Medco Acehzone.com

Aceh

Pansus Perizinan IUP dan HGU Bakal Turun ke Lokasi Pencemaran Limbah PT Medco
445 Tentara Aceh Pulang, Setelah Setahun Lebih Dinas di Papua Acehzone.com

Nusantara

445 Tentara Aceh Pulang, Setelah Setahun Lebih Dinas di Papua
BATAL DIHAPUS! MenPANRB Bocorkan Nasib Honorer 2023, Alhamdulillah HONORER SELAMAT.... Acehzone.com

Nusantara

BATAL DIHAPUS! MenPANRB Bocorkan Nasib Honorer 2023, Alhamdulillah HONORER SELAMAT….
Irwandi Yusuf Tiba di Aceh, Langsung ke Bireuen Ziarah Makam Ulama Acehzone.com

Nusantara

Irwandi Yusuf Tiba di Aceh, Langsung ke Bireuen Ziarah Makam Ulama
Mendag akan Hadiri Rakernas ke-2 JMSI di Banda Aceh Acehzone.com

Nusantara

Mendag akan Hadiri Rakernas ke-2 JMSI di Banda Aceh
Stok Logistik di Posko Pengungsian Banjir Aceh Tamiang Kosong Acehzone.com

Nusantara

Stok Logistik di Posko Pengungsian Banjir Aceh Tamiang Kosong