Header web MDJ (1166 × 390 piksel)
Header Web ACI (1166 × 390 piksel)
Acehzone.com (1166 × 390 piksel)
previous arrow
next arrow

Home / Aceh / Hukum dan Kriminal

Senin, 22 Mei 2023 - 18:13 WIB

Begini peran tersangka mantan Wali Kota Suaidi Yahya di kasus korupsi PT RS Arun Lhokseumawe

LHOKSEUMAWE, ACEHZONE.COM – Kejaksaan Negeri (Kejari) Lhokseumawe menetapkan mantan Wali Kota Lhokseumawe Suaidi Yahya (SY) sebagai tersangka kasus dugaan korupsi di PT Rumah Sakit (RS) Arun Lhokseumawe, Senin. Apa peran Suaidi Yahya pada kasus korupsi yang mengakibatkan kerugian negara sekitar Rp44,9 miliar itu?

Kepala Kejaksaan Negeri (Kajari) Lhokseumawe Lalu Syaifudin di Lhokseumawe, Senin, mengungkapkan tersangka SY dan tersangka Hariadi (H) merupakan dua pelaku atau aktor utama dalam kasus korupsi PT RS Arun Lhokseumawe. Tersangka H yang merupakan mantan Dirut PT RS Arun sebelumnya sudah lebih dulu ditetapkan sebagai tersangka.

“Kedua tersangka ini pelaku utama, karena bersama-sama sehingga peristiwa ini (kasus korupsi PT RS Arun Lhokseumawe. Red) bisa terjadi,” kata Lalu Syaifudin.

Lalu Syaifudin mengatakan, penetapan tersangka terhadap Suaidi Yahya setelah sebelumnya dilakukan pemeriksaan sebagai saksi. Penetapan tersebut dilakukan sesuai dengan dukungan alat bukti dan saksi-saksi yang telah diperiksa.

“Tersangka Suaidi Yahya langsung ditahan untuk kelancaran proses penyidikan tanpa ada gangguan dan dikhawatirkan melarikan diri, merusak atau menghilangkan barang bukti serta melakukan tindakan menghalang-halangi proses penyidikan,” ujarnya.

Baca Juga :  Pj Gubernur Aceh Paparkan 10 Isu Strategis dan 5 Prioritas Pembangunan Aceh Tahun 2024

Lalu Syaifudin menyebutkan, Suaidi Yahya ditahan di Lapas Lhoksukon. Hal tersebut dilakukan sebagai pertimbangan teknik strategi penyidikan untuk memisahkan dua tersangka utama dalam kasus korupsi PT RS Arun Lhokseumawe.

“Tim penyidik saat ini fokus terhadap dua tersangka utama ini. Terkait apakah nantinya ada kemungkinan tersangka baru, kita lihat saja ke depan,” ujarnya.

“Hingga saat ini kita belum ada arah untuk melakukan penyitaan terkait aset milik tersangka Suaidi Yahya, namun kita akan melihat apakah hal tersebut termasuk urgensi atau unsur yang sangat penting,” katanya.

Lalu Syaifudin mengatakan, istri tersangka Suaidi juga diperiksa sebagai saksi dalam kasus tersebut. Hingga saat ini total saksi yang diperiksa terkait kasus korupsi PT RS Arun Lhokseumawe mencapai 19 orang.

Lalu Syaifudin menjelaskan bahwa informasi aliran dana dalam kasus korupsi PT RS Arun Lhokseumawe tersebut diterima oleh beberapa pihak. Hingga saat ini total uang yang sudah dikembalikan atau disita mencapai Rp8,1 miliar.

Baca Juga :  Balai Syura Minta Jarimah Pemerkosaan dan Pelecehan Seksual Dihapus dari Qanun Jinayat

“Sekali lagi, saya tegaskan kepada semua pihak yang merasa menerima aliran dana korupsi PT RS Arun Lhokseumawe untuk segera mengembalikan uang tersebut. Tim penyidik dari kejaksaan memiliki cara sendiri untuk menelusuri dana itu jika tidak ada itikad baik untuk mengembalikan dana tersebut,”katanya.

Diberitakan sebelumnya, Tim penyidik Kejari Lhokseumawe juga telah menetapkan Hariadi yang merupakan Dirut PT RS Arun Lhokseumawe sebagai tersangka kasus tindak pidana korupsi di PT Rumah Sakit (RS) Arun Lhokseumawe dengan kerugian negara mencapai Rp44,9 miliar.

Selain itu, jaksa juga telah menyita aset milik Hariadi tersangka Hariadi, baik yang bergerak maupun yang tidak bergerak.

Adapun aset milik tersangka Hariadi yang disita yakni, tiga buah dokumen atau sertifikat hak milik tanah dan rumah, satu unit mobil jenis Honda Civic, satu unit sepeda motor jenis Honda CBR250RR dan satu unit sepeda motor jenis Yamaha WR 155 R.

Sumber : Antaranews.com

Share :

Baca Juga

Hasil Seleksi Administrasi PPPK Teknis 2022 di Umumkan Hari Ini Acehzone.com

Aceh

Hasil Seleksi Administrasi PPPK Teknis 2022 di Umumkan Hari Ini
Pj Wali Kota Sabang Buka Festival Toet Apam: Upaya Lestarikan Kuliner Acehzone.com

Aceh

Pj Wali Kota Sabang Buka Festival Toet Apam: Upaya Lestarikan Kuliner
Pj Wali Kota Sabang Kampanyekan Pelestarian Terumbu Karang Acehzone.com

Aceh

Pj Wali Kota Sabang Kampanyekan Pelestarian Terumbu Karang
25 Bakal Calon DPD Memenuhi Syarat Hasil Verifikasi KIP Aceh Acehzone.com

Aceh

25 Bakal Calon DPD Memenuhi Syarat Hasil Verifikasi KIP Aceh
Expo Pemuda Kreatif Terapkan Gerakan Pengurangan Sampah Plastik Acehzone.com

Aceh

Expo Pemuda Kreatif Terapkan Gerakan Pengurangan Sampah Plastik
Sambut Idul Fitri 1444 H, Pemkab Aceh Besar Keluarkan Himbauan Bersama Acehzone.com

Aceh

Sambut Idul Fitri 1444 H, Pemkab Aceh Besar Keluarkan Himbauan Bersama
BKPSDM Permudah Segala Urusan Kepegawaian Via Online Acehzone.com

Aceh

BKPSDM Permudah Segala Urusan Kepegawaian Via Online
Seorang Warga Bireuen Ditemukan Meninggal Tergantung, Korban PNS Pemkab Acehzone.com

Aceh

Seorang Warga Bireuen Ditemukan Meninggal Tergantung, Korban PNS Pemkab