Header web MDJ (1166 × 390 piksel)
Header Web ACI (1166 × 390 piksel)
Acehzone.com (1166 × 390 piksel)
previous arrow
next arrow

Home / Aceh / Kab. Aceh Timur

Rabu, 1 Februari 2023 - 08:09 WIB

Banjir, Jembatan Rangka Baja 100 Meter Terancam Roboh

Polisi melakukan patroli melintasi jembatan penghubung Peunaron Baru – Ranto Panjang Bedari dan Sri Mulya, Kec. Peunaron, Aceh Timur, terlihat miring dan terancam roboh ke sungai. Foto diambil baru-baru ini. Waspada

Polisi melakukan patroli melintasi jembatan penghubung Peunaron Baru – Ranto Panjang Bedari dan Sri Mulya, Kec. Peunaron, Aceh Timur, terlihat miring dan terancam roboh ke sungai. Foto diambil baru-baru ini. Waspada

IDI, ACEHZONE.COM – Banjir dalam beberapa kali yang melanda kawasan pedalaman berdampak serius terhadap kerusakan jembatan rangka baja yang menghubungkan Peunaron Baru – Ranto Panjang Bedari dan Sri Mulya, Kecamatan Peunaron, Kabupaten Aceh Timur.

Kondisi jembatan terlihat miring dan semakin terancam roboh. Padahal jembatan sepanjang hampir 100 meter itu menjadi satu-satunya akses transportasi ratusan kepala keluarga (KK) di sejumlah desa dalam kecamatan itu. “Pondasi jembatan amblas dan turun mencapai 60 centimeter,” ujar Agus Kiswanto, tokoh pemuda Peunaron, Selasa (31/1).

Menurut Agus, kondisi jembatan tersebut kini telah hilang keseimbangan. Bahkan besi penyangga jembatan mulai melengkung. Begitu juga dengan lantai jembatan yang terbuat dari kayu satu persatu jatuh ke sungai, sehingga tak sedikit petani dan pekebun yang terperosok kendaraannya.

Baca Juga :  Petani di Aceh Mulai Perbaiki Pola Tanam

“Saat ini berbagai jenis mobil tidak diizinkan melintas, kecuali hanya kendaraan roda dua. Hal tersebut dikhawatirkan jembatan rubuh,” kata Agus, seraya menambahkan, berbagai hasil pertanian warga harus dilansir dengan menggunakan roda dua.

Melihat kondisi jembatan tersebut, Agus mengaku prihatin, sehingga diharapkan Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Aceh Timur mengusulkannya ke Pemerintah Aceh, karena membangun kembali jembatan tersebut membutuhkan dana lebih Rp1 miliar. “Kita juga berharap anggota DPR Aceh dari Dapil Aceh Timur, memperjuangkan jembatan tersebut agar terbangun di tahun ini,” timpa Agus Kiswanto.

Baca Juga :  Pansus Perizinan IUP dan HGU Bakal Turun ke Lokasi Pencemaran Limbah PT Medco

Camat Peunaron, Darkasyi, dikonfirmasi terpisah mengaku telah mengunjungi jembatan tersebut akhir tahun lalu. Pihaknya mengakui jembatan penghubung sejumlah desa dengan Pusat Ibukota Peunaron itu kondisinya miring dan terancam roboh. “Usia jembatan ini di atas 33 tahun sejak dibangun era 1990 saat Trans Swakarsa Mandiri (TSM) Rawa Pakis,” katanya.

Diakuinya, jembatan tersebut saat ini mengalami kemiringan akibat pengaruh alam, seperti diterjang banjir dan kerap terjadi luapan di sungai tersebut, sehingga pangkal jembatan tergerus banjir hingga mengalami kemiringan. “Kondisi jembatan telah usang, bahkan lantainya juga telah lapuk dimakan rayab, sehingga layak dibangun kembali agar aktivitas petani dan pekebun kembali normal,” demikian Darkasyi.

Share :

Baca Juga

DPRK Buka Pendaftaran Calon Pansel Anggota KIP Bireuen Acehzone.com

Aceh

DPRK Buka Pendaftaran Calon Pansel Anggota KIP Bireuen
Hasil Seleksi Administrasi PPPK Teknis 2022 di Umumkan Hari Ini Acehzone.com

Aceh

Hasil Seleksi Administrasi PPPK Teknis 2022 di Umumkan Hari Ini
Smart On Brilliant ke 10 SMAN Unggul Aceh Selatan Dibuka Acehzone.com

Aceh

Smart On Brilliant ke 10 SMAN Unggul Aceh Selatan Dibuka
Imlek di Rayakan di Berbagai Daerah, Kemarin Banjir Melanda Aceh Acehzone.com

Aceh

Imlek di Rayakan di Berbagai Daerah, Kemarin Banjir Melanda Aceh
Komisi 1 DPRA Ingatkan KPU Kuota Caleg Parlok di Aceh 120 Persen Acehzone.com

Aceh

Komisi 1 DPRA Ingatkan KPU Kuota Caleg Parlok di Aceh 120 Persen
Pj Gubernur Aceh: Penanggulangan Bencana Tanggungjawab Semua Acehzone.com

Aceh

Pj Gubernur Aceh: Penanggulangan Bencana Tanggungjawab Semua
FCSR: Sumbangan Perusahaan Bukan Kegiatan CSR Acehzone.com

Aceh

FCSR: Sumbangan Perusahaan Bukan Kegiatan CSR
Dewan sebut pengelolaan sampah di Aceh Tamiang butuh perhatian serius Acehzone.com

Aceh

Dewan sebut pengelolaan sampah di Aceh Tamiang butuh perhatian serius