Home / Pendidikan / Teknologi

Senin, 19 September 2022 - 09:24 WIB

Akademisi ingatkan pentingnya hormati keberagaman di dunia digital

ACEHZONE.COM | JAKARTA – Dosen Fisikom Universitas Pancasila Anna Agustina mengingatkan bahwa komunikasi yang terjalin di dunia digital merupakan komunikasi antarmanusia sehingga penting untuk tetap menghormati keberagaman ketika beraktivitas di dalamnya.

“Kita harus selalu menyadari bahwa kita berinteraksi dengan manusia nyata di jaringan lain, bukan sekadar dengan deretan karakter huruf di layar monitor, namun dengan karakter manusia yang sesungguhnya,” ujar Anna dalam keterangan pers yang diterima Senin, yang dikutip dari Antaramews.com. Senin (19/9).

Anna menyampaikannya dalam webinar bertema “Menjadi Pengguna Internet yang Berkarakter Pancasila” yang digelar Kementerian Komunikasi dan Informatika bersama Siberkreasi di Makassar, Sulawesi Selatan.

Anggota Jaringan Pegiat Literasi Digital (Japelidi) ini mengatakan keberagaman masyarakat Indonesia tidak hanya mencakup hal budaya dan agama melainkan juga dalam hal profesi, pendidikan, pendapatan, hingga gaya hidup.

Perbedaan tersebut harus dipahami dan dihormati setiap warga di dunia digital sesuai dengan nilai-nilai Pancasila. Dengan begitu, internet dapat menjadi anugrah bagi pemakainya.

Baca Juga :  Pemerintah Harus Tegas Dalam Upaya Mitigasi Bencana

ITBOX Solusi Pintar Belajar Digital

Cara Menghasilkan Uang dari Internet Marketing

Jasa Pengiriman Mobil ke Seluruh Indonesia

Belanja Online, PASTI MURAH

Sementara itu, Sekretaris Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Jawa Timur, Eko Pamuji mengatakan, pendidikan multikulturalisme untuk warganet sangat diperlukan agar dapat memberi pemahaman tentang budaya Indonesia yang berbeda-beda.

Pemahaman terhadap multikulturalisme juga dapat menghindarkan diri dari salah paham antarbudaya yang berujung konflik sosial.

“Sebagai pengguna internet kita harus tahu bahwa kita berada di ruang yang berbeda-beda atau beraneka budaya dan keragamannya, tetapi tetap satu. Indonesia harus di atas segala-galanya,” kata dia.

Program Gerakan Nasional Literasi Digital oleh Kementerian Komunikasi dan Informatika RI diharapkan dapat mendorong masyarakat menggunakan internet secara cerdas, positif, kreatif, dan produktif.

Baca Juga :  Duh, Internet RI Paling Lelet Se-Asia Tenggara!

Kegiatan ini khususnya ditujukan bagi para komunitas di wilayah Sulawesi dan sekitarnya yang tidak hanya bertujuan untuk menciptakan komunitas cerdas, tetapi juga membantu mempersiapkan sumber daya manusia yang lebih unggul dalam memanfaatkan internet secara positif, kritis, dan kreatif di era industri 4.0.

Kementerian Komunikasi dan Informatika RI bersama GNLD Siberkreasi juga terus menjalankan program Indonesia Makin Cakap Digital melalui kegiatan-kegiatan literasi digital yang disesuaikan pada kebutuhan masyarakat.

Untuk mengikuti kegiatan yang ada, masyarakat dapat mengakses info.literasidigital.id atau media sosial @Kemenkominfo dan @Siberkreasi.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Acehzone.com. Mari bergabung di Grup Telegram “Acehzone.com”, caranya klik link https://t.me/acehzone, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dahulu di ponsel.

Share :

Baca Juga

Kiat Mengurangi Kecanduan Internet Pada Anak Acehzone.com

Pendidikan

Kiat Mengurangi Kecanduan Internet Pada Anak
Hayatullah Pasee Pimpin FAMe Periode 2022-2027 Acehzone.com

Pendidikan

Hayatullah Pasee Pimpin FAMe Periode 2022-2027
Resensi Buku ALDERA: Potret Gerakan Politik Kaum Muda 1993-1999 Acehzone.com

Pendidikan

Resensi Buku ALDERA: Potret Gerakan Politik Kaum Muda 1993-1999
Siaran digital dinilai mampu dorong potensi daerah Acehzone.com

Teknologi

Siaran digital dinilai mampu dorong potensi daerah
Biografi Singkat Abu Tumin Blang Bladeh Acehzone.com

Pendidikan

Biografi Singkat Abu Tumin Blang Bladeh
Prof Syamsidik: Rekayasa Struktur-lnfrastruktur Kawasan Pantai Solusi Mitigasi Bencana Tsunami Acehzone.com

Pendidikan

Prof Syamsidik: Rekayasa Struktur-lnfrastruktur Kawasan Pantai Solusi Mitigasi Bencana Tsunami
Kemensos Kenalkan Program Difagana di Forum Internasional, Apaan Tuh? Acehzone.com

Pendidikan

Kemensos Kenalkan Program Difagana di Forum Internasional, Apaan Tuh?
Pemerintah Harus Tegas Dalam Upaya Mitigasi Bencana Acehzone.com

Haba Bencana

Pemerintah Harus Tegas Dalam Upaya Mitigasi Bencana