Home / Aceh / Kab. Aceh Utara / Wisata

Kamis, 19 Januari 2023 - 22:38 WIB

Aceh Utara Miliki Destinasi Wisata Religi dan Alam

ACEH UTARA, ACEHZONE.COM – Bumi Malikussaleh merupakan julukan kabupaten Aceh Utara, berpenduduk 600 ribu lebih tersebar di 852 gampong dari 27 kecamatan.

Aceh Utara salah satu kabupaten di Provinsi Aceh yang memiliki berbagai potensi wisata alam yang mempesona dan wisata religi. Kabupaten Aceh Utara berjarak sekitar 267 kilometer dari Kota Banda Aceh dan ibu kotanya di Lhoksukon.

Kepala Dinas Kepemudaan, Olahraga dan Pariwisata (Disporapar) Saifuddin, Kamis (19/1/2023) menyampaikan, pihaknya akan terus berupaya untuk membenahi objek wisata di Aceh Utara sehingga menarik dan dikunjungi oleh wisatawan.

“Berwisata merupakan salah satu kebutuhan yang cukup penting, baik anak-anak maupun orang dewasa di akhir pekan,” ucapnya.

Disebutkan, bagi masyarakat atau wisatawan dari luar Aceh Utara yang ingin berkunjung untuk berwisata ada tujuh rekomendasi panorama alam terindah dan destinasi wisata religi.

1. Rumah Adat Cut Meutia

Rumah Adat Cut Nyak Meutia merupakan salah satu cagar budaya yang berlokasi di Desa Masjid Pirak, Kecamatan Matangkuli. Rumah Adat ini juga menjadi sebuah museum untuk penghormatan kepada pahlawan Cut Mutia dari Aceh, memiliki bangunan berbahan kayu dengan gaya dan khas Aceh. Dulunya Cut Meutia adalah pahlawan wanita dari Aceh yang memperjuangkan perlawanan pada penjajahan Belanda selama 20 tahun.

Rumah Adat Cut Nyak Meutia menyuguhkan pengunjung untuk bisa mempelajari sejarah pahlawan wanita dari Aceh. Untuk Anda yang ingin berkunjung ke Rumah Adat ini bisa menempuh jarak sekitar 9 km dari Kota Lhokseumawe.

2. Wisata Gunung Salak

Wisata Gunung Salak adalah objek wisata yang berada di kawasan perbukitan, tepatnya di Kilometer 31, Gampong Alue Dua Kecamatan Nisam Antara. Tempat ini menawarkan panorama alam yang indah sehingga menjadi pusat perhatian wisatawan.

Objek wisata ini ditujukan untuk anak muda, dan konsep dari wisata Gunung Salak sangatlah instagramable. Pengunjung bisa berfoto di spot-spot menarik yang ada di tempat ini sambil menikmati kuliner yang dijajakan Café dan Resto kekinian

Baca Juga :  Jalan Takengon-Gayo Lues Tertimbun Longsor

Untuk berkunjung ke wisata Gunung Salak ini, bisa menuju dari jalan Simpang Kertas Kraf Aceh (KKA), kemudian lurus sampai ke Kilometer 31.

3. Air Terjun Tujuh Bidadari

Air Terjun ini berlokasi di Geureudong Pase. Air Terjun Tujuh Bidadari menawarkan keindahan alam dikelilingi hutan belantara yang masih sangat asri. Objek wisata ini memiliki nama yang sesuai dengan tempatnya karena ada air terjun 7 tingkat yang sangat mempesona.

Pengunjung akan dimanjakan dengan suasana air terjun yang segar dan pepohonan yang berada di sekitar tempat wisata. Untuk berkunjung ke Air Terjun Tujuh Bidadari, pengunjung bisa menggunakan jalur Punteuet Lhokseumawe ke Geureudong Pase, Aceh Utara.

4. Pantai Bantayan

Pantai Bantayan adalah salah satu lokasi wisata pantai di Gampong Bantayan, Seunuddon, Aceh Utara. Pantai ini dengan panorama air laut yang indah, deretan pohon cemara yang sejuk dan rindang serta gerai kuliner yang kekinian, Kini tersedia areal parkir disepanjang jalan 1000 x 4 meter, tersedia 1 unit Mushalla untuk sarana ibadah pengunjung

Wisatawan yang datang ke pantai ini biasanya datang tidak hanya dari masyarakat setempat, tetapi juga dari berbagai daerah. Apalagi ketika akhir pekan tiba, pantai ini menjadi semakin ramai dikunjungi wisatawan, terutama orang yang bepergian bersama keluarga.

5. Komplek Kerajaan Samudera Pasai

Kemudian, bisa mengunjungi kompleks kerajaan Samudra Pasai, salah satu kerajaan Islam yang pernah ada di kepulauan itu. Kerajaan ini didirikan pada 1267. Kita masih bisa menemukan bukti keberadaannya.

Ada banyak bukti sejarah dari kerajaan samudera Pasai yang masih dilestarikan. Anda dapat mengunjungi Makam Malik as- Saleh.

Baca Juga :  Penjabat Gubernur Minta ISBI Lestarikan Seni dan Budaya Aceh

Lokasi Makam Sultan berada di Gampong Beuringen, Kecamatan Samudera, Geudong, Kabupaten Aceh Utara. Bukti sejarah dari kerajaan Samudra Pasai ini memang tersebar di seluruh Aceh Utara.

Kita bisa berjalan di sekitar Aceh Utara atau di daerah Lhokseumawe untuk menikmati menjelajahi sisa-sisa kesultanan Samudra Pasai.

6. Air Terjun Blang Kolam

Air terjun ini adalah tempat wisata di wilayah Aceh Utara yang menawarkan pesona alam yang indah. Letaknya di tengah pepohonan yang rimbun dan jauh dari kota, menjadikan kawasan air terjun ini indah dan alami.

Saat memasuki area air terjun anda akan dimanjakan oleh panorama air terjun yang eksotis. Anda bahkan bisa bermain air di bawah air terjun yang terasa dingin dan sejuk. Tetapi sebelum anda akhirnya tiba di air terjun Blang Kolam, Anda harus berjuang melalui 660 anak tangga.

Perjalanan melalui ratusan anak tangga tampaknya ringan, karena selama perjalanan anda akan disuguhi pemandangan yang benar-benar menakjubkan.

Jika anda ingin mengunjungi air terjun ini, datanglah ke Gampong Sido Mulyo, Kecamatan Kuta Makmur, Aceh Utara. Akses jalan menuju air terjun ini juga cukup bagus dan bisa dilalui oleh kendaraan pribadi.

7. Makam Cut Meutia

Untuk menuju kawasan itu terbilang sulit. Wisatawan harus menggunakan rute Jalan Pema Global Energi (PGE) hingga Gampong Alue Bungkoh, Kecamatan Pirak Timu. Setelah itu berbeloklah ke kanan dan ikuti jalan lurus.

Wisatawan wajib menggunakan pemandu agar tidak tersesat menuju lokasi di pedalaman Aceh Utara itu. Medan jalan masih agak sulit.

Sekarang dalam proses pembangunan. Tentu kita harap ini semakin baik ke depan seiring ditetapkannya sebagai desa wisata.

Selama ini, kawasan itu kerap dikunjungi oleh penggemar motor trail yang sekaligus berziarah ke makam Pahlawan Nasional tersebut.

Share :

Baca Juga

BNPB: 4.665 Warga Mengungsi Akibat Banjir di Bireuen Acehzone.com

Aceh

BNPB: 4.665 Warga Mengungsi Akibat Banjir di Bireuen
Pemkab Bener Meriah Salurkan Bantuan Logistik Untuk Korban Bencana Di Kecamatan Syiah Utama Acehzone.com

Aceh

Pemkab Bener Meriah Salurkan Bantuan Logistik Untuk Korban Bencana Di Kecamatan Syiah Utama
Ingin Majukan Pariwisata Daerah, Pj Bupati Aceh Tengah Paparkan Potensi Pariwisata Di Kemenparekraf Acehzone.com

Aceh

Ingin Majukan Pariwisata Daerah, Pj Bupati Aceh Tengah Paparkan Potensi Pariwisata Di Kemenparekraf
Tempat Wisata Alam di Aceh, dari Pantai hingga Air Terjun Acehzone.com

Travel

Tempat Wisata Alam di Aceh, dari Pantai hingga Air Terjun
DPR Aceh Kecam Keras Pembakaran Al Qur’an di Swedia Acehzone.com

Aceh

DPR Aceh Kecam Keras Pembakaran Al Qur’an di Swedia
Pemanfaatan Digital Marketing Di Era Digitalisasi Acehzone.com

Aceh

Pemanfaatan Digital Marketing Di Era Digitalisasi
Kantor Pemerintah di Pidie Terendam Banjir Acehzone.com

Aceh

Kantor Pemerintah di Pidie Terendam Banjir
Pj Bupati Bireuen Resmikan UGD Puskesmas Peudada Acehzone.com

Aceh

Pj Bupati Bireuen Resmikan UGD Puskesmas Peudada