Home / Nusantara

Sabtu, 5 November 2022 - 07:53 WIB

Aceh Tamiang Menangis, Banjir Kian Meninggi

ACEHZONE.com | ACEH TAMIANG – Masyarakat Kabupaten Aceh Tamiang menangis, Sungai Tamiang meluap dan kondisi air banjir kian tinggi merendam seluruh kecamatan di Bumi Muda Sedia dan diperkirakan ada ratusan kendaraan bermotor yang terdiri mobil pribadi roda empat, truk dan bus sampai Jumat (4/11) malam menumpuk menginap di Aceh Tamiang.

Pantauan Waspada di Aceh Tamiang, Jumat (4/11) sampai pukul 19.30 Wib, air banjir kian tinggi menggenangi pemukiman penduduk, sawah, kebun, gedung sekolah, kantor, badan jalan antar kecamatan, badan jalan lintas Sumatera ( Jalinsum) Banda Aceh-Medan dan sejumlah fasilitas publik lainnya di Aceh Tamiang.

Bahkan, air banjir juga sudah mengalir masuk menggenangi badan jalan Sutoyo, A.Yani dan Ade Irma Suryani di Kota Kualasimpang.

Selain itu, di Karang Baru, air banjir merendam hampir seluruh kampung (desa) yang ada, bahkan komplek Perkantoran Pemkab Aceh Tamiang semua sudah terendam banjir. Sedangkan komplek Kantor Bupati Aceh Tamiang dan DPRK Aceh Tamiang air mulai masuk ke halamannya. Begitu juga komplek Perumahan Kodim dan Kompleks Asrama Kompi A Yonif RK 111/KB di Karang Baru sudah terendam banjir.

Baca Juga :  Daftar Mobil di Atas 1.400 Cc yang di Larang Isi Pertalite

Pantauan Waspada, puluhan mobil pribadi, truk dan bus terpaksa menginap berlapis di badan jalan karena menunda melanjutkan perjalanan ke Medan. Sedangkan mobil pribadi, bus dan truk dari arah Medan tidak ada terlihat yang masuk ke Aceh.

Selain hubungan Jalinsum lumpuh total, badan jalan antar kecamatan juga sudah lumpuh, hubungan darat Kota Kualasimpang-Rantau putus total karena air banjir merendam badan jalan Kampung Bukit Tempurung, Benua Raja dan Kampung Durian.

Baca Juga :  Serahkan Draft Revisi UUPA, Tim USK: Penyerahan Wewenang Tidak Boleh Bersyarat

Bukan itu saja, badan Jalan Lintas Sumatera di Kampung Alur Bemban, Karang Baru juga terendam banjir, namun hubungan arus transportasi Kota Kualasimpang-Karang Baru dan Kota Langsa masih dapat diterobos kendaraan bermotor. Selain itu, sejumlah warga, terutama ibu-ibu ada yang menangis di Kamp Pengungsi karena rumah mereka terendam banjir .

“Kami berharap air banjir cepat surut dan semoga hujan tidak turun, sehingga kami bisa cepat kembali pulang ke rumah masing-masing,” ujar ibu-ibu di kamp pengungsi Kampung Kota Lintang, Kecamatan Kota Kualasimpang, Kabupaten Aceh Tamiang.

Hal senada juga diungkapkan oleh sejumlah warga Tionghoa yang berdomisili di Kota Kualasimpang kepada Waspada, jumat (4/11) malam, mereka berharap air banjir cepat surut dan hujan tidak turun, sehingga aktivitas bisa berjalan normal seperti sebelum banjir.

Share :

Baca Juga

Miris! Jalan Rusak dan Berlumpur, Warga Aceh Timur Harus Ditandu untuk Berobat Acehzone.com

Nusantara

Miris! Jalan Rusak dan Berlumpur, Warga Aceh Timur Harus Ditandu untuk Berobat
Mobil Towing dan Car Carrier jadi alternatif pengiriman kendaraan Acehzone.com

Bisnis

Mobil Towing dan Car Carrier jadi alternatif pengiriman kendaraan
Forum PRB Aceh Adakan Pendampingan dan Simulasi Evakuasi Gempa Bumi dan Tsunami Acehzone.com

Nusantara

Forum PRB Aceh Adakan Pendampingan dan Simulasi Evakuasi Gempa Bumi dan Tsunami
Menkumham Perintahkan Ditjen Imigrasi Pelajari Perppu Cipta Kerja Acehzone.com

Nusantara

Menkumham Perintahkan Ditjen Imigrasi Pelajari Perppu Cipta Kerja
KTT G20 Berdampak Positif ke Perekonomian dalam Jangka Panjang Acehzone.com

G20

KTT G20 Berdampak Positif ke Perekonomian dalam Jangka Panjang
Anggota DPRA Minta Kurikulum Dayah Terpadu Dirancang dan Dikembangkan Secara Sistematis Acehzone.com

Nusantara

Anggota DPRA Minta Kurikulum Dayah Terpadu Dirancang dan Dikembangkan Secara Sistematis
Presiden Gunakan Pakaian Adat Khas Bali saat Welcoming Dinner KTT G20 Acehzone.com

G20

Presiden Gunakan Pakaian Adat Khas Bali saat Welcoming Dinner KTT G20
KONI: Presiden Setuju PON Aceh-Sumut Dibuka 8 September 2024 Acehzone.com

Aceh

KONI: Presiden Setuju PON Aceh-Sumut Dibuka 8 September 2024